Chennai, India (ANTARA News/Reuters) - Beberapa ahli geologi telah menemukan setumpuk telur dinosaurus yang telah menjadi fosil dan dikatakan berusia sekitar 65 juta tahun, di satu desa di negara bagian Tamil Nadu, India selatan, demikian laporan media.

"Kami menemukan tumpukan demi tumpukan telur bulat dan beberapa bagian tubuh dinosaurus dan masing-masing tumpukan berisi delapan telur," kata M. Ramkumar, ahli geologi di Periyar University, yang memimpin satu tim penggalian, Kamis, dilaporkan harian The Hindu.

Semua telur tersebut, yang berdiameter sekitar 13-20 centimer dan tergeletak di sarang pasir dengan luas sekitar 1,2 meter, ditemukan selama satu studi yang didanai oleh lembaga ilmiah Jerman dan India.

Tumpukan telur itu berada di bawah debu letusan gunung berapi di dataran tinggi Deccan, yang dikatakan ahli geologi mungkin telah mengakibatkan kepunahan dinosaurus tersebut.

Tempat sarang itu ditemukan di sepanjang pinggir dan dasar anak sungai di lembah sungai Cuavery, yang berisi tumpukan telur yang telah menjadi fosil, kotoran dan sisa tulang dinosaurus.

"Ditemukannya telur yang belum menetas dalam jumlah banyak pada tingkat stratigraphic yang berbeda menunjukkan bahwa dinosaurus terus kembali ke tempat yang sama untuk bersarang," kata Anbarasu, anggota lain tim peneliti.

Para peneliti itu telah meminta pejabat setempat untuk menutup lokasi tersebut sejak temuan serupa di India utara mengakibatkan penjarahan fosil itu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009