Jakarta (ANTARA News) - Layanan telekomunikasi PT Telkom seperti telepon tetap (fixed line) dan telepon tetap nirkabel (fixed wireless access/FWA TelkomFlexi pasca gempa tektonik 7,6 SR di Sumatera Barat, sebagian besar sudah pulih.

"Layanan TelkomFlexi sudah normal, masyarakat dapat menelepon antar pelanggan di Sumbar, menelepon keluar Sumbar maupun menerima panggilan dari luar Sumbar," kata President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Eddy, pulihnya layanan komunikasi Telkom ini setidaknya telah membantu proses evakuasi maupun pemberian bantuan kepada para korban gempa.

Dari 85 menara radio pemancar (Base Transceiver Station/BTS) Flexi, sebanyak 48 BTS di antaranya sudah berfungsi normal.

Ke 48 BTS tersebut sebanyak 9 BTS di antaranya berfungsi untuk kode area 0751, 18 BTS untuk 0752, 3 BTS untuk 0753, 9 BTS untuk 0754, dan 9 BTS untuk 0755.

Ia menambahkan, sebagian besar Sentral Telepon Otomat (STO) sudah beroperasi kembali setelah mendapat pasokan listrik dari alat generator.

Khusus STO Bukittinggi dan Solok sudah beroperasi kembali sejak Kamis (1/10) karena mendapat catu daya dari PLN meski pasokan listriknya dilakukan secara bergilir tiap 6 jam.

Sedangkan STO Kinali Baru, diharapkan segera beroperasi dengan catu daya dari genset.

Adapun dua STO yang paling dekat dengan episentrum gempa, yakni STO Padang dan STO Pariaman dengan kapasitas sekitar 25 ribu SST dalam kondisi baik dan dapat beroperasi.

Bantuan teknisi dan peralatan juga sudah berdatangan baik dari Pekanbaru, Sumatera Utara maupun Medan.

Total kapasitas STO Sumatera Barat dalam keadaan normal mencapai 180.000 Line In Services (LIS), adapun total pelanggan telepon tetap sebanyak 152.000 SST.

Jumlah BTS Flexi berjumlah 85 BTS, pelanggan Flexi berjumlah sekitar 61.000 SSF, sedangkan jumah pelanggan internet cepat Speedy sebanyak 18.000 pelanggan.

Untuk membantu proses tanggap darurat di kota Padang, Telkom mendirikan Posko Telkom Peduli yang berlokasi di Kantor Telkom Jl KHA Dachlan No. 17 Padang.

Bagi masyarakat yang memerlukan sarana telekomunikasi bisa datang ke posko tersebut.

Posko untuk membantu masyarakat yang memerlukan sarana telekomunikasi, mengingat banyak instalasi telepon di rumah pelanggan rusak, maka Telkom segera menyediakan fasilitas telepon gratis 0800.1000.000.

"Segera akan kami publikasikan kesiapan fasilitas telepon gratis/bebas pulsa dari Telkom," tegas Eddy Kurnia.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009