Jakarta (ANTARA News) - Tim voli putra Indonesia akhirnya harus puas berada di peringkat tiga klasemen grup F setelah menundukkan Australia pada pertandingan terakhir Kejuaraan Asia Senior Ke-15 di Stadion Ninoy Aquino, Manila, Filipina, Sabtu, dengan skor 3-2 (26-24, 21-25, 25-22, 20-25, 15-10).

Urutan pertama dan kedua ditempati Jepang dan Korea, sedangkan Australia berada di posisi paling bawah atau empat.

Jepang menempati posisi puncak setelah pada pertandingan terakhir, menang melawan Korea 3-0.

Indonesia selanjutnya akan menghadapi peringkat keempat grup E, sedangkan Australia berhadapan dengan peringkat ketiga grupl E, berdasarkan keterangan Humas PBVSI.

Saat berita ini diturunkan, Taiwan yang sudah dua kali kalah tengah menghadapi Cina, sedangkan Kazakstan akan melakukan pertandingan hidup mati dengan Iran, setelah partai Taiwan melawan Cina.

Dua tim peringkat pertama dan kedua masing-masing akan bertemu di semifinal untuk menuju final.

Indonesia menurunkan formasi terbaik mereka. Posisi toser ditempati Didi Irwadi, libero dipegang Fadlan Abdul Karim, I Nyoman Rudi Tirtana dan Riviansyah pada open spiker, serta Andri dan Affan Priyo Wicaksono pada quick spiker.

Posisi all round diberikan kepada Ayip Rizal. Joni Sugiatno menjadi pemain cadangan. Dia hanya diturunkan pada akhir set keempat dan kelima, menggantikan posisi Riviansyah.

Itu pun, Joni tidak melakukan smes di set kelima karena menggantikan Riviansyah saat tengah berada di belakang.

"Tim Indonesia bermain penuh semangat tadi. Sedangkan Australia kurang begitu baik, terutama serangan mereka. Namun, ini bukan pertandingan penentuan bagi kedua tim, yang menentukan adalah besok, untuk perebutan tempat kelima. Kalau kalah, berebut posisi ketujuh," kata pelatih Indonesia Li Qiujiang.

Li berharap para pemainnya dapat menjaga kondisi dan saat bermain penuh semangat. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009