Makassar (ANTARA News) - Pasangan pereli Cody Crocker/Ben Atkinson dari Australia tampil sebagai juara seri Asia Pacific Rally Championship (APRC) putaran keenam, yang bersamaan dengan putaran kedua kejurnas Rally Indonesia (IRC) 2009 di kawasan perkebunan tebu Takalar, Sulawesi Selatan, yang berakhir Minggu.

Cody/Atkinson berhasil menorehkan waktu 3 jam 17 menit 7.5 detik, setelah menyelesaikan lomba yang berlangsung sejak Sabtu (3/10). Hasil ini makin memastikan Cody/Atkinson untuk tampil kembali menjadi jawara 2009, karena poin yang mereka raih hingga seri keenam - 73 poin - jauh meninggalkan lawan-lawannya meski sekali pun di seri terakhir nanti di China Rally gagal.

Selama dua hari menjalani pertarungan, pereli MotorImage Rally Team itu mengaku tidak ada masalah, meski cuaca kota Makassar diakuinya sangat panas. ?Ya, saya senang dengan hasil ini dan selama lomba sama sekali tidak mengalami masalah. Semuanya aman-aman saja,? kata Cody, usai melakukan selebrasi kemenangannya di Karebosi Link, kota Makassar.

Posisi kedua ditempati pasangan Katsuhiko Taguchi/Mark Stacey dari Jepang/Ausralia dengan torehan waktu tiga jam 18 menit 36.5 detik. Hasil ini makin membuat jarak pasangan MRF Rally Team ini dengan Cody di klasemen sementara pereli menjadi kian jauh dan tidak mungkin untuk mengejar. Taguchi/Stacey mengumpulkan 44 poin.

Urutan ketiga ditempel pasangan Emma Gilmour/Claire Mole dari Selandia baru dan merukanan rekan setim dengan Cody, dengan catatan waktu tiga jam 27 menit 9.4 detik. Di klasemen sementara pereli, Emma berada di posisi ketiga dengan 40 poin.

Sementara untuk seri kejuaraan nasional, pasangan pereli Pertamina Bosowa Rally Team Subhan Aksa/Hade Mboi melejit di posisi teratas dengan catatan waktu 3 jam 28 menit 42.5 detik. Dengan hasil ini maka langkah Subhan/Hade untuk merekuh gelar juara nasional 2009 tingga di depan mata.

Dengan hasil tersebut ditambah hasil juara pertama di putaran pertama lalu, Subhan/Hade mengantongi poin 50. ?Untuk menjadi juara nasional musim ini, saya hanya tinggal butuh 6 poin di putaran terakhir nanti. Poin ini sudah cukup buat saya dan Hade meraih apa yang sudah menjadi target kami tahun ini,? kata Subhan, yang turun dengan Mitsubishi Evo IX.

Posisi kedua ditempati sang kakak Sadikin Aksa/Adi Wibowo, yang turun dengan Mitsubishi Evo X dengan catatan waktu 3 jam 38 menit 19 menit. ?Padahal di SS-10 dan SS11 saya sudah kehabisan energy, namun di dua SS terakhir baru saya pol habis,? papar Sadikin.

Sementara posisi ketiga dan empat diraih pasangan pereli Prima XP Rally Team Rizal Sungkar/Indra Prasetyo serta pasangan pereli Sean Gelael/Tony Sircombe, masing-masing dengan catatan waktu 3 jam 40 menit 33.6 detik serta 3 jam 42 menit 48.5 detik.

Tempat keempat ditempati Sean Gelael didampingi navigator Tony Sircombe dari Selandia Baru. "Saya puas dengan hasil ini," kata Sean yang baru berusia 13 tahun dan pertama kali sebagai deriver setelah tahun lalu tampil sebagai juara nasional navigator.


Hasil Lima Besar APRC:

1. Cody Crocker/Ben Atkinson Aus/Aus Subaru Imprezza 3:17:7.5

2. Katsuhiko Taguchi/Mark Stacey Jpn/Aus Mitsubishi Evo IX 3:18:36.5

3. Emma Gilmour/Claire Mole NZ/GB Subaru Imprezza 3:27:9.4

4. Subhan Aksa/Hade Mboi RI/RI Mitsubishi Evo IX 3:28:42.5

5. Sadikin Aksa/Adi Wibowo RI/RI Mitsubishi Evo X 3:38:19.0


Hasil Lima Besar Nasional:

1. Subhan Aksa/Hade Mboi Mitsubishi Evo IX 3:28:42.5

2. Sadikin Aksa/Adi Wibowo Mitsubishi Evo X 3:38:19.0

3. Rizal Sungkar/Indra Prasetyo Subari Imprezza 3:40:33.6

4. Sean Gelael/Tony Sircombe Subaru Imprezza N14 3:42:48.5

5. Dian Harahap/Edwin Nasution Mitsubishi Evo VI 4:1:0.5.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009