Tangerang (ANTARA News) - Kepolisian Sektor (Polsek) Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten, mengamankan 108 peluru yang ditemukan warga bernama Inang dan Rame pada Minggu (4/10) sore.

"Kedua warga tersebut menemukan peluru terkubur daun pisang yang sudah layu di Gang Madrasah RT 03/01, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang Kota, Tangerang," kata Kepala Polsek Cipondoh, Ajun Komisaris Polisi Sukarna di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, diduga ratusan peluru tersebut masih aktif yang ditemukan di lahan kosong milik salah seorang warga bernama Musa.

"Saksi menemukan butiran peluru kaliber 84 mm dan kaliber 55,6 mm, ketika membersihkan pelepah daun pisang di lahan kosong," kata Sukarna.

Ia menambahkan, awalnya pemilik lahan menyuruh Inang dan Rame membersihkan lahan kosong yang dipenuhi rimbunan daun dan pohon pisang, saat itu Inang menginjak benda yang diduga terbuat dari logam.

Inang mencari benda yang terinjak tersebut dengan cara membersihkan tumpukan daun pisang. Inang kaget setelah yang terinjak adalah ratusan butir peluru sehinga dirinya memanggil Rame.

Setelah menemukan butiran peluru, Inang memberitahukan penemuannya tersebut kepada ketua Rukun Tetangga (RT) setempat. Selanjutnya ketua RT tersebut melaporkan ke anggota Polsek Cipondoh.

Akhirnya sejumlah anggota Polsek Cipondoh mendatangi lokasi penemuan dan melakukan pemeriksaan, serta mengamankan ratusan peluru yang sudah dalam kondisi berkarat tersebut.

Sukarna menuturkan pihaknya masih melakukan pendalaman dengan meminta keterangan dari ketiga saksi, yakni Ketua RT, Inang dan Rame terkait dengan kronologis penemuan peluru.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009