Depok (ANTARA News) - Mantan Presiden RI, BJ. Habibie menilai bahwa penanganan Gempa di Sumatra Barat lebih baik dibandingkan dengan penanganan bencana di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 2006.

"Bantuan yang ada mengalir dengan tertib dan baik, dibandingkan dengan gempa yang terjadi di Aceh, yang penting dari semua ini adalah ada perbaikan," kata Habibie usai menghadiri pengukuhan tiga guru besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), di Balai Sidang UI Depok, Rabu.

Dia mengemukakan, pemerintah proaktif dalam menangani penyaluran bantuan dan menolong korban bencana gempa tersebut. Dia mengemukakan, pada waktu terjadi gempa dan diikuti dengan Tsunami di Aceh, pemerintah "terkaget-kaget", sehingga tidak tidak siap."Sekarang sudah siap, penanganannya juga lebih baik," katanya.

Menurut Habibie pembangunan yang ada saat ini harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi canggih, misalnya pembangunan gedung yang tahan gempa.

"Rencana pembangunan kota, desa dan gedung sesuai dengan teknologi anti gempa. Ini menjadi tugas kita semua untuk me-review semua ini," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009