Padang (ANTARA News) - Dirjen PostelBasuki Iskandar mengatakan, Telkom membuka SMS 9731 mulai Kamis (8/10) bagi masyarakat yang menanyakan saudara, keponakannya atau anak dan anggota keluarganya yang belum ditemukan pasca gempa mengguncang Kota Padang, Pariaman, Provinsi Sumbar.

"Layanan ini diberikan gratis, dan selanjutnya setiap pertanyaan yang masuk akan disampaikan ke media center dan begitupula jawabannya bisa kembali diterima warga. Untuk itu warga juga menyebutkan nomor kontak yang bisa dihubungi," kata Basuki Iskandar, di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan itu usai melakukan pengecekan terhadap sejumlah upaya recoveri pelayanan komunikasi yang diberikan telkom di Padang dan sejumlah daerah di Sumbar.

Pengecekan dilakukannya juga termasuk di Kantor Telkom di Jalan Bagindo Azis Chan Padang yang memberikan layanan gratis menggunakan telepon bagi masyarakat dan khususnya layanan jaringan internet bagi wartawan media cetak di daerah itu.

Menurut dia, layanan telkom kini jauh lebih baik atau mencapai 80 persen akan tetapi untuk spotnya secara kualitas masih kurang namun semua operator sudah difungsikan.

"Kebijakan tersebut diambil merupakan bagian dari kepedulian komunitas telkom dalam membantu upaya recoveri pasca gempa mengguncang Sumbar," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah berjanji akan memperluas lagi layanan komunikasi bagi masyarakat pada kegiatan-kegiatan penting kemanusian.

Layanan komunikasi dengan fasilitas memadai telah diberikan untuk Sumbar terutama juga pada 11 rumah sakit pemerintah agar upaya penyelamatan korban bisa dilakukan dengan baik.

"Kita akan memberikan layanan telekomunikasi secara gratis, hingga masa tanggap darurat selama dua bulan ke depan," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009