Washington, (ANTARA News) - Defisit anggaran Amerika Serikat (AS) diperkirakan mencapai rekor 1,4 triliun dolar pada 2009 atau 950 miliar dolar lebih besar ketimbang defisit yang dicatat pada tahun lalu, Congressional Budget Office (CBO) mengatakan, Rabu.

Pejabat pada kongres mengatakan bahwa prediksi federal defisit untuk tahun fiskal yang berakhir September itu penurunannya lebih tinggi --relatif untuk ukuran negara tersebut-- sejak 1945, sebagaimana dikutip dari AFP.

Defisit disebabkan baik oleh pendapatan yang menurun dan juga meningkatnya pengeluaran, terutama bantuan untuk sistem keuangan dan stimulus fiskal untuk melindungi ekonomi terbesar dunia itu dari resesi berkepanjangan, kata CBO.

Pendapatan pada 2009 di mana hampir 420 miliar dolar atau 17 persen di bawah penerimaan tahun lalu, tingkat terendah dalam lebih dari 50 tahun, katanya.

Pada waktu yang sama, pengeluaran meningkat dengan lebih 530 miliar dolar atau 18 persen pada 2009 ke tingkat tertinggi juga dalam lebih dari setengah abad.

Defisit federal pada 2008 tercatat 459 miliar dolar. Estimasi defisit tersebut disajikan Rabu di mana berbasis pada data dari pernyataan harian dari proyeksi CBO dan Kementerian Keuangan AS.

Para pejabat keuangan mengatakan mereka akan melaporkan defisit aktual pada pertengahan bulan ini.

Gedung Putih pada Agustus lalu memproyeksikan defisit anggaran fiskal 2009 pada angka 1,58 triliun dolar.

Selain itu juga memproyeksikan defisit besar untuk periode 2010-2019 sebesar 9,05 triliun dolar, dua triliun dolar lebih besar ketimbang estimasi Februari, sebulan setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama menduduki jabatannya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009