Shizouka, Jepang (ANTARA News/AFP) - Pemain penyerang Liga-J, Shinji Okazaki, mencetak "hat-trick" saat Jepang melindas Hongkong 6-0 di pertandingan penyisihan Piala Asia di Shizouka, Kamis.

Kemenangan persebut merupakan kemenangan kedua bagi Jepang, juara tiga kali Piala Asia yang menempati urutan keempat di turnamen tersebut tahun 2007 yang dijuarai Irak, sementara hanya sekali kalah di Grup A.

"Kami bermain lumayan, tetapi terlalu terburu-buru dalam menyerang di babak pertama. Saya memberitahu tim untuk menyeimbangkan permainan mereka di babak kedua," kata pelatih Jepang, Takeshi Okada setelah pertandingan. "Saya kira mereka bermain baik untuk mencetak enam gol," katanya.

Pelatih Hongkong, Kim Pan-Gon, mengatakan, "Jepang memainkan sepak bola berkualitas tinggi. Kami sangat menyadari bahwa kami perlu memperbaiki diri."

"Kami ingin meluangkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan" pertandingan kandang melawan Jepang pada 18 November, kata pelatih asal Korea itu, yang sudah menjadi pelatih tim tersebut selama empat bulan.

Tim tuan rumah membuka gol di menit ke-18, kwetika Okazaki menggiring bola ke sisi kanan kotak penalti setelah melewati Makoto Hasebe dan menembakkan bola yang menjebol gawang lawan.

Bek FC Tokyo, Yuto Nagatomo menguasai bola hasil pantulan tembakan Okazaki dan memutari seorang bek Hongkong di daerah penalti untuk mencetak gol kedua di menit ke-29.

Di menit ke-34, tendangan bebas kaki kiri gelandang Espanyol, Shunsuke Nakamura, dari luar daerah penalti mem,bentur mistar gawang setelah bek kelahiran Brasil, Cristiano Cordeiro, yang memperkuat Hongkong, melakukan pelanggaran terhadap Okazaki.

Tim Samurai Biru itu menambah keunggulan di menit keenam babak kedua, ketika bek tengah dan kapten Yuji Nakazawa menyndul bola hasil umpan silang panjang mantan pemain Mallorca dan pemain penyerang Wolfsburg, Yoshito Okubo.

Bek tengah lainnya, Marcus Tulio Tanaka, mencetak gol keempat Jepang ketika ia menerima bola sepak pojok Nakamura dan melepaskan tembakan yang gagal diselematkan penjaga gawang Hongkong, Zhang Chunhui di menit ke-67.

Gol ketiga Ozakazaki di babak kedua terjadi dua menit kemudian dan kemudian bola pantulannya dimanfaatkan Hisato Sato untuk mencetyak gol 13 menit menjelang pertandingan usai.

Jepang akan menghadapi Skotlandia hari Sabtu dan Togo enam hari kemudian dalam pertandingan persahabatan di kandang seniri sebagaui pemanasan menjelang Piala Dunia.

Di Grup A, Jepang mengumpulkan enam angka dari hasil dua kali menang dan sekali kalah. Hongkong tetap paling buncit dengan tiga kali kekalahan beruntun.

Bahrain, dengan enam angka dari dua kali kemenangan beruntun atas Jepang dan Hongkong, akan menghadapi Yaman pada 18 November, saat Jepang bertandang ke Hongkong. Yaman telah sekali menang dan sekali kalah.

Dua tim teratas di masing-masing lima grup akan lolos ke putaran final Piala Asia di Qatar pada tahun 2011.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009