Ambon (ANTARA News) - Puluhan artis dalam dan luar negeri yang akan tampil pada Ambon Jazz Plus Festival (AJPF) 2009 di Kota Ambon, 8-11 Oktober mendatang, berkesempatan berlayar mengelilingi teluk Ambon dan menikmati keindahan panorama alam di kawasan teluk itu.

Pelayaran keliling teluk dengan menggunakan KM. Siwalima 01 itu dilakukan setelah puluhan artis dan musisi itu tiba di Bandara Internasional Pattimura, Laha Ambon, Kamis.

Sejumlah artis dan musisi yang ikut pelayaran keliling teluk itu terlihat rela berjemur di atas geladak dan bagian depan kapal sambil menikmati keindahan alam serta udara sejuk dan birunya air laut yang jernih dan bersih.

"Ambon is Amazing and beautiful," ujar musisi Wilkins Ramirez asal Puerto Rico/USA yang turut dalam pelayaran itu.

Ramirez yang untuk pertama kalinya berkunjung ke Ambon bersama sahabatnya Michael Sembello (Philadelphia) mengaku mengagumi dan cinta akan Ambon dan Maluku, tidak hanya karena lagu-lagunya yang berkarakter kuat dan memiliki warna musik yang khas, tetapi juga karena keramah tamahan masyarakat serta keindahan panorama alam serta wisata bahari.

Musisi Sembello yang pernah menjadi gitaris penyanyi Stevie Wonder tahun 1974-1979, bahkan terlihat berpelukan bersama istrinya Cruz sambil menikmati keindahan Kota Ambon yang berjejer di sepanjang bibir teluk itu.

Malah grup band Soul ID memanfaatkan pelayaran di Teluk Ambon itu untuk membuat klip untuk lagu ketiga di album kelima mereka bertajuk "Tamasya" langsung dari atas KM. Siwalima dengan latar belakang pemandangan alam di teluk Ambon.

Sedangkan grup band asal Negeri Belanda yang semua personilnya berdarah Ambon memanfaatkan momen pelayaran yang tergolong langka itu untuk berpose ria.

"30 tahun kami rindu pulang dan menginjakkan kaki di tanah kelahiran kami dan ini saatnya bagi kami untuk menikmati semua keindahan yang diberikan Allah di bumi Maluku," ujar vokalis grup Massada Yoppy Manuhutu.

Kondisi alam yang bersahabat pun turut mendukung puluhan artis dan musisi dalam dan luar negeri dari berbagai gendre itu bisa menikmati keindahan teluk Ambon dengan lautnya yang biru dengan penuh keceriaan dan kegembiraan, sambil menikmati alunan musik dan lagu-lagu Ambon.

AJPF yang untuk pertama kalinya digelar di Ambon dan direncanakan menjadi event tahunan itu, untuk tahun pertama digelar untuk mendukung pelaksanaan hari Perdamaian Sedunia yang dipusatkan di di Ambon, November mendatang dan ditandai pemukulan gong perdamaian oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedangkan pada tahun 2010 diagendakan untuk menyongsong kegiatan perahu layar internasional Sail Banda.

Event ini dimaksudkan untuk mewujudkan pengakuan Ambon sebagai kota dan "rumah musik" Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009