Paris, (ANTARA News) - Negara adi daya sepak bola Italia dan Jerman mendekati babak final Afrika Selatan 2010 saat kedua tim itu tampil di antara tim lain yang akan menjalani babak penyisihan terakhir Piala Dunia grup Amerika Selatan Sabtu.

Inggris, Spanyol dan Belanda sudah memastikan diri maju ke putaran final tahun depan, tinggal enam tempat lagi yang akan direbutkan dalam dua putaran penyisihan minggu ini dan minggu depan, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Enam negara lagi akan mengikuti babak playoff untuk memastikan siapa yang berhak maju menyusul sembilan tim yang sudah lolos otomatis.

Juara Piala Dunia, Italia, akan berkunjung ke Dublin menghadapi tim Republik Irlandia dan membutuhkan hanya satu angka untuk menjamin maju ke Afrika Selatan, sebagai juara Grup 8.

Jerman bermain di Moskow mengadapi anak asuh Guus Hiddink, Rusia, dan bila tim asuhan Joachim Loew itu menang maka mereka akan selamat lolos dari Grup 4.

Portugal, semi finalis 2006, harus berjuang keras di Grup 1 dan kemenangan mereka atas Hungaria bulan lalu belum membuat Cristiano Ronaldo dan rekannya aman dan berpeluang untuk maju.

Tim Portugal itu berada di urutan ketiga dan harus mendapatkan poin maksimum tiga saat mereka menjamu Hungaria di Lisbon agar peluang mereka tetap terbuka.

Denmark bisa merajai urutan puncak bila mereka dapat mengalahkan Swedia pada laga papan atas di Kopenhagen.

Prancis berjuang agar kesempatan mereka tetap hidup di Grup 7.

Tim Les Bleus ini pasti masih terkenang dengan perjalanan mereka ke final Piala Dunia 2006, ketika tendangan penalti mereka gagal menjebol gawang Italia. Mereka berada di urutan kedua penyisihan, empat angka terpaut dengan tim puncak Serbia.

Anak asuh Raymond Domenech itu memperbaiki prospek mereka untuk maju ke Afrika Selatan ketika bermain imbang 1-1 ketika bertandang ke Serbia dan dapat menjamin kemenangan play-off saat melawan tim kecil Faroe Islands.

Serbia bisa saja menyia-nyiakan angka mereka pada dua laga terakhir melawan Romania dan Lithuania.

Ancaman dari dari FIFA setelah terjadi insiden pada pertandingan penyisihan sebelumnya melawan Prancis, Austria dan Romania.

Inggris yang terinspirasi dengan delapan kemenangan dari delapan pertandiangan, membuat tim Fabio Capello itu berada pada posisi teratas Grup 6 sehingga pertandingan tidak lagi menentikan saat mereka bertemu dengan Ukraina dan Belarus, Rabu.

Hal ini membuat Ukraina dan Kroasia akan berjuang mati-matian untuk mendapatkan tempat di tangga kedua klasemen grup.

Seperti halnya Inggris, juara Erupa 2008 Spanyol sudah lolos dari Grup 5, meninggalkan Bosnia-Herzegovina menjadi favorit untuk maju ke putaran play-offs, yang akan menjamin mereka lolos bila dapat mengalahkan tim kecil Estonia.

Pertarungan paling sengit terjadi di Grup 3 karena siapa pun dari kelima tim masih berpeluang maju sedangkan Slovakia hanya membutuhkan satu angka untuk lolos otomatis ke Afrika Selatan.

Di Dublin, Irlandia mengalami masalah karena cedera pemain sayap Damien Duff, pemain tengah Steven Reid, Darron Gibson serta striker Caleb Folan, sehingga permainan melawan Italia di Croke Park bisa memprihatinkan bagi mereka.

Ada juga kekhawatiran atas pemain bek tengah dari Aston Villa Richard Dunne yang harus duduk ketika temannya berlatih Rabu, karena ada memar pada pegelangan kakinya.

Pelatih tim Irlandia Giovanni Trapattoni merasa yakin pemain bertahan Aston Villa itu akan pulih saat pertandingan berlangsung.

Di Moskow, arsitek Rusia Hiddink dari Belanda sedang merancang permainan bagi tim tiga kali juara dunia Jerman.

Hiddink membandingkan tim Rusia ketika dua tahun lalu melakukan pertandingan penentuan di babak kualifikasi Euro 2008 melawan Inggris.

"Ya situasinya kelihatan amat mirip tetapi sekarang kami lebih berpengalaman dibanding dua tahun lalu," kata Hiddink dengan menambahkan ,"Kami berharap mendapat dukungan dari penonton kami, karena hal itu amat kami harapkan."

Jerman memperjuangkan pertandingan mereka karena mereka tinggal memiliki satu pertandingan lagi.

Pemain tengah Thomas Hitzlsperger mengatakan, "Tujuan kami untuk memastikan kami mendapat tempat di Piala Dunia."

"Kami semua bersatu untuk mewujudkan impain itu. Kami datang ke Moskow untuk mendapatkan kemenangan," katanya.

"Kami tahu Rusia amat kuat dan kami menghormati mereka. Tapi kami sudah pernah mengalahkan Rusia dan kami akan menjadi pemuncak klasemen grup. Kami memiliki alasan untuk mendapatkan rasa percaya diri tinggi," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009