Jakarta (ANTARA News) - Unggulan pertama ganda putri Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni dua langkah lagi mencapai gelar kedua tahun setelah menjuarai Selandia Baru Terbuka bulan lalu.

Pasangan tersebut mencapai semifinal Vietnam Terbuka Grand Prix setelah mengalahkan sesama ganda pelatnas Komala Dewi/Keshya Nurvita Hanadia 14-21, 21-11, 21-16 pada perempatfinal, Jumat.

"Tadi sempat tegang pada game pertama karena belum menemukan tipe permainan yang akan dimainkan, tetapi Alhamdulillah, game kedua dan ketiga bisa diambil," ujar Annisa usai pertandingan.

Pada semifinal mereka bertemu pasangan bukan unggulan asal Malaysia Lai Pei Jing/Ng Hui Ern yang menyisihkan rekan senegara mereka unggulan ketiga Goh Liu Ying/Ng Hui Lin 1-18, 21-17.

"Besok pertemuan pertama dengan mereka, sebelumnya belum pernah sama sekali," kata Annisa mengenai lawan yang akan dihadapi di empat besar.

Meski demikian, asisten pelatih ganda putri Paulus Firman mengatakan peluang mereka 50-50. "Yang penting lebih berani menyerang dulu dan lebih konsisten," katanya.

Sementara itu, pemain tunggal Pelatnas Tommy Sugiarto berpeluang maju ke final Prix dengan mengalahkan pemain Malaysia Chong Wei Feng di semifinal, Sabtu.

"Peluangnya imbang, mudah-mudahan Tommy bisa memenangi pertandingan besok (semifinal, Sabtu)," ujar asisten pelatih tunggal Thomas Indratjaja yang mendampingi pemain berlaga di Ho Chi Minh City.

Thomas mengatakan, Tommy yang menjadi unggulan delapan dalam turnamen tersebut, bisa mengandalkan kekuatannya untuk menghadapi pemain tunggal pelapis Malaysia itu.

"Tinggal bagaimana mainnya besok. Mungkin dia menang di `power`," tambah Thomas yang juga mendampingi pemain tunggal putri.

Tommy maju ke semifinal setelah menyisihkan unggulan kedua Andre Kurniawan, yang juga pernah menghuni asrama Cipayung, dua game langsung 21-16, 21-18.

Sedangkan unggulan keempat Chong Wei Feng yang akan ia hadapi Sabtu, adalah pemenang dari pertarungan selama satu jam lebih dengan unggulan kelima Hsueh Hsuan Yi dari Taiwan. Wei Feng menang 13-21, 21-16, 21-15.

Semifinal tunggal putra lainnya akan mempertemukan unggulan pertama Nguyen Tien Minh dari Vietnam yang mengalahkan Pakkawat Vilailak dari Thailand 21-14, 21-8, dengan pemain Indonesia Andreas Adityawarman yang menang 21-16, 21-12 atas Chu Han Chou dari Taiwan.

Keberhasilan Tommy tidak diikuti oleh tunggal putri Linda Weni Fanetri yang gagal mempertahankan keunggulan atas pemain Vietnam Le Ngoc Nguyen Nhung sehingga menyerah 21-14, 13-21, 12-21.(*) 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009