Jakarta (ANTARA News) - Tiga wakil pelatnas di semifinal Vietnam Terbuka Grand Prix mengalami nasib berbeda saat langkah Tommy Sugiarto dan pasangan Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dili terhenti sementara pasangan Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni lolos ke final.

Anneke/Annisa hanya selangkah lagi menuju gelar kedua tahun ini setelah meraih kemenangan atas pasangan Malaysia Lai Pei Jing/Ng Hui Ern 21-14, 21-9 pada semifinal turnamen yang digelar di Ho Chi Minh City, Sabtu.

Pada final, Minggu, ganda putri unggulan pertama yang meraih gelar perdana mereka di Selandia Baru Terbuka itu akan menghadapi pasangan Thailand unggulan kedua Savitree Amitrapai/Vacharaporn Munkit yang menyisihkan unggulan keempat dari Malaysia Chong Sook Chin/Woon Khe Wei 16-21, 21-16, 21-10.

"Nggak mau terlalu yakin karena lawan besok memang lumayan berat, yang penting main bagus sajalah," jawab Annisa saat ditanya apakah ia yakin akan memenangi pertandingan final.

Ia mengaku sebelumnya pernah kalah dari pasangan tersebut ketika belum berpasangan dengan Anneke.

"Tahun lalu pernah ketemu di Vietnam juga tapi waktu itu masih di Pratama dan belum pasangan dengan (Anneke) Feinya," katanya.

Adapun Tommy Sugiarto harus mengakui keunggulan pemain Malaysia Chong Wei Feng yang mengalahkan dia 21-17, 21-19. Pada Final Wei Feng akan berhadapan dengan unggulan pertama Nguyen Tien Minh dari Vietnam yang menang atas pemain Indonesia Andreas Adityawarman 21-9, 17-21, 21-14.

Sedangkan pasangan Tantowi/Richi menyerah pada ganda senior Flandy Limpele/Cheng Wen Hsing dalam pertandingan ketat yang berakhir dengan angka 22-20, 27-25.

Flandy/Cheng akan memperebutkan mahkota ganda campuran dalam turnamen berhadiah total 50.000 dolar AS dengan unggulan pertama Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, pemenang duel antar pasangan Malaysia dengan unggulan kelima Lim Khim Wah/Ng Hui Lin 21-16, 19-21, 21-18.

Mantan pemain Pelatas Fransisca Ratnasari dan pasangan Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi masing-masing membukukan tempat di final tunggal putri dan ganda putra.

Fransisca maju ke final setelah meraih kemenangan atas unggulan ketiga Lydia Cheah Li Ya dari Malaysia 21-19, 21-18, untuk selanjutnya bertemu Tai Tzu Ying dari Taiwan.

Sementara Luluk/Joko yang menjadi unggulan ketujuh menumbangkan unggulan pertama dari Malaysia Choong Tan Fook/Lee Wan Wah 21-17, 22-20 untuk bertemu ganda asal Malaysia lainnya Ong Soon Hock/Hoon Thiew How di final.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009