Padang, (ANTARA News) - Sebanyak 23 naskah kuno Minangkabau berhasil diselamatkan dari kerusakan akibat gempa bumi 7,6 Skala Richter yang mengguncang Padang, Sumatera Barat.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Badan Perpustakaan Nasional Sumatera Barat, Yendri Buharma kepada ANTARA di Padang, Selasa, mengatakan "Begitu gempa, kita mengutamakan untuk menyelamatkan naskah-naskah kuno tersebut".

Yendri Buharma menuturkan, Badan Perpustakaan Nasional Provinsi Sumatera Barat merupakan bangunan berlantai empat dengan sekitar 600 ribu koleksi buku, mulai naskah kuno Minangkabau-Melayu, buku pengetahuan umum, buku anak-anak dan buku-buku koleksi budaya dan cerita rakyat tiap daerah di Sumatera Barat.

"Naskah-naskah kuno Minangkabau-Melayu itu berada di lantai tiga bangunan perpustakaan, sehingga relatif kondisinya masih baik dan bisa diselamatkan," ungkap Yendri.

Ia menambahkan, dari sekitar 600 buku koleksi di perpustakaan itu 50 persen buku telah berhasil diselamatkan dan kini disimpan di Gedung Arsip Nasional Provinsi Sumatera Barat.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009