Medan (ANTARA News) - Indonesia dewasa ini memiliki sebanyak empat orang wasit dunia yang tergabung dalam BWF dan mereka itu dibenarkan untuk memimpin pertandingan kejuaraan bulu tangkis tingkat internasional.

"Wasit dunia yang dimiliki Indonesia itu dinilai masih kurang dan perlu ditambah lagi," kata Ketua Bidang Turnamen & Perwasitan PB PBSI, Mimi Irawan di Medan, Selasa, disela Kejuaraan Djarum Sirkuit Nasional Bulu Tangkis Piala Gubernur Sumut.

Kejuaraan bulu tangkis tersebut juga diramaikan peserta dari delapan negara, yakni Amerika Serikat, Inggris, Belgia, China, Kanada, Afrika Selatan, Malaysia dan tuan rumah Indonesia.

Selain itu, sebanyak 17 provinsi di tanah air ini juga turut mengirimkan dan beberapa diantaranya Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumbar, Riau, Banten, DKI, Jateng, Jatim, Jabar, Bengkulu, Papua dan tuan rumah Sumut.

Kejuaraan itu berlangsung 11 hingga 17 Oktober 2009 di lapangan bulu tangkis PBSI Sumut Jalan Pancing Medan.

Mimi mengatakan, untuk menjadi wasit bulu tangkis tingkat dunia itu, tidak mudah dan harus mengikuti persyaratan cukup berat dan seleksi ekstra ketat.

Wasit dunia tersebut, tidak hanya harus mahir berbahasa Inggris tetapi juga memiliki mental yang baik dan mengetahui secara luas tentang bulu tangkis, karakter pemain dan lain sebagainya.

"Jadi menjadi wasit dunia itu adalah orang-orang pilihan dan memiliki dedikasi yang cukup tinggi terhadap olah raga bulu tangkis," ujarnya.

Ditanya mengenai empat wasit Indonesia dipercaya untuk tingkat dunia, Mimi mengatakan, wasit itu adalah Edi Rufianto, Unang Sukarja, Kholid Magad dan Tata Mulyana.

Keempat wasit itu seluruhnya pria dan mereka dinilai sebagai wasit terbaik di Indonesia, sehingga dapat terpilih menjadi wasit dunia."Kita perlu bangga dengan mereka, karena merupakan duta dari Indonesia jika memimpin pertandingan kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia," katanya.

Selanjutnya dia menjelaskan, selain Indonesia memiliki wasit dunia, juga wasit tingkat Asia.

Wasit tingkat Asia itu empat pria dan beberapa diantaranya Wahyana, Edi Susanto dan Dadan H. Sedangkan wasit wanita tingkat Asia tiga orang, yakni Teli, Andi Purnama dan Laila.

"Wasit tersebut dibenarkan untuk memimpin pertandingan kejuaraan bulu tangkis di Asia," kata Mimi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009