Ketua DPD ingatkan pentingnya tiga sektor prioritas saat COVID-19

Ketua DPD ingatkan pentingnya tiga sektor prioritas saat COVID-19

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (kiri) saat mengikuti Rapat Kerja Nasional Virtual PB IKAMI Sulawesi Selatan, Sabtu (27/06/2020). (ANTARA/HO/FA)

Ketiga sektor ketahanan tersebut adalah kesehatan, pangan dan sosial
Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan pentingnya tiga sektor ketahanan yang harus menjadi prioritas pemerintah di saat pandemik COVID-19 ditambah adanya ancaman resesi global yang nyata.

"Ketiga sektor ketahanan tersebut adalah kesehatan, pangan dan sosial," ujarnya pada siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Sabtu sore.

Pesan tersebut juga disampaikannya saat orasi kebangsaan bertema "Tantangan Indonesia di Masa Pandemik COVID-19" di sela Rapat Kerja Nasional Virtual PB IKAMI Sulawesi Selatan.

Baca juga: Ketua DPD La Nyalla resmikan Rumah Tahfidz Center Kabupaten Malang

Saat ini, kata dia, Indonesia sedang memanggil seluruh pemangku kepentingan untuk bersatu padu dan bahu-membahu menghadapi wabah Corona, termasuk para mahasiswa serta pelajar agar ikut berkiprah dalam menghadapi situasi sekarang.

Yang jelas, kata dia, Indonesia harus berupaya melakukan percepatan dalam meningkatkan ketahanan tiga sektor tersebut.

"Sebab, kalau ketahanan pangan lemah, lalu rakyat tidak bisa makan maka bisa dibayangkan kerusakan di sektor ketahanan sosial," ucapnya.

Menurut dia, ada sinyal krisis global akibat COVID-19 yang bisa menjalar ke krisis pangan dunia sehingga harus cepat kembali kepada fitrah republik ini sebagai negara agraris dan maritim.

Baca juga: DPD: Lumbung Pangan Jatim bisa jadi contoh ketahanan pangan daerah

"Karena itulah perkuat sektor Pangan Indonesia. Mari bantu pemerintah menemukan arah yang tepat. Bantu percepatannya dan kawal skala prioritas pembangunan dalam konteks penanganan dampak wabah," katanya.

Mantan Ketua Umum KADIN Jatim itu juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghentikan polemik-polemik yang memicu kegaduhan tidak perlu.

"Saya ingin menitipkan pesan kepada para mahasiswa dan pelajar yang tergabung di IKAMI Sulsel bahwa Indonesia tidak hanya butuh sumber daya manusia yang unggul, tapi juga berakhlak mulia dan berbudi pekerti. Satu lagi, saya titip generasi muda harus bisa bantu pemerintah," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap IKAMI Sulsel terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah.

"Begitu juga sebaliknya, Pemprov Sulsel juga akan berkomitmen untuk mendukung kegiatan IKAMI Sulsel," katanya.

Baca juga: Ketua DPD ajak pengusaha berinvetasi dengan pola kemitraan

Baca juga: Ketua DPD RI temukan relaksasi kredit belum dirasakan masyarakat

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

La Nyalla ketua DPD RI 2019-2024

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar