Seoul, (ANTARA News) - Mantan presiden Amerika Serikat George W. Bush Rabu menyeru negara-negara yang berunding dengan Korea Utara agar bersatu untuk mendesak negara komunis itu melepaskan ambisi nuklirnya.

Bush mengatakan di satu forum di Seoul, bahwa Pyongyang ternyata menguji proses perundingan enam negara dan para anggota forum itu hendaknya tidak tunduk kepadanya, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya percaya bahwa cara terbaik yang akan membawa perdamaian bagi semenanjung Korea adalah melalui diplomasi multilateral enam negara," kata Bush, yang tampil sebagai pembicara utama dalam World Knowledge Forum.

"Presiden Korea Utara akan, tak perlu diragukan, menguji sistem itu, dan tak perlu diragukan, berupaya mendapatkan kelemahannya," katanya, seraya menyebut pemimpin Kim Jong-Il adalah bukan presiden yang sebenarnya.

"Saya percaya masalah ini bisa dipecahkan melalui cara damai pada saat China, Korea Selatan, Jepang, Rusia dan AS berbicara dengan satu suara untuk mengatakan bahwa itu adalah cara terbaik."

Semasa berkuasa Bush yang mengambil sikap garis keras terhadap Korea Utara, dikenal mencap Pyongyang sebagai bagian dari `poros kejahatan` pada 2002.

Namun pada tahun berikutnya dia menyetujui pembentukan forum enam negara, yang dirancang untuk membujuk Pyongyang menyerahkan program nuklirnya untuk ditukar dengan bantuan ekonomi dan jaminan keamanan serta keuntungan diplomatik.

Perundingan enam negara terakhir Desember lalu berakhir menemui kebuntuan, dan Korea Utara menyatakan keluar dari forum itu April lalu.

Namun Bush menandaskan kembali keyakinannya bahwa forum enam negara adalah cara pendekatan terbaik untuk masalah Korea Utara.

Korea Utara pekan lalu mengatakan, pihaknya bersedia untuk kembali ke perundingan, namun hanya jika pihaknya lebih dulu mencapai kemajuan dalam perundingan bilateral dengan AS.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009