Depok (ANTARA News) - Dua musisi klasik handal di Indonesia yaitu Maya Hasan (harpis) dan Jubing Kristianto (gitaris) akan tampil di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI), dalam FIB KLASIKA 2009 pada Kamis (15/10).

"Kedua musisi klasik handal di Indonesia ini akan memainkan komposisi beberapa lagu klasik kontemporer," kata Kepala Humas dan Protokol, Vishnu Juwono, di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengatakan mereka akan menjadi penampil pamungkas setelah penampilan para musisi klasik amatir hasil audisi yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 September 2009 yang lalu.

Selanjutnya pada Jumat (16/10), katanya, Addie MS akan tampil sebagai pembicara pada talk show bertema "Perkembangan Musik Klasik di Indonesia" dengan pemandu acara Dr. A. Harsawibawa, Staf Pengajar Departemen Filsafat FIB-UI.

"Talk show ini bertujuan agar publik dapat mengetahui bagaimana musik klasik berkembang di tanah air dan kendala yang dihadapi para musisi klasik di dalam industri musik Indonesia," kata Vishnu.

Pada hari yang sama, Twilite Youth Orchestra (TYO) akan tampil dengan konduktor Eric Awuy.

Addie MS, sebagai Music Director of Twilite Orchestra akan berbagi informasi dan pengalaman dengan melihat perjalanan panjang Twilite Orchestra hingga mampu menembus dan tampil di Sydney Opera House, Australia.

FIB Klasika 2009 merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman publik kampus tentang apa dan bagaimana musik klasik disajikan.

Pada masa mendatang, melalui acara ini diharapkan akan semakin banyak bibit-bibit baru yang muncul ke permukaan dan tingkat apresiasi mahasiswa terhadap musik klasik juga semakin bertambah.

"Tidaklah berlebihan bila suatu saat kelak dapat terbentuk Pusat Kajian Musik Klasik di FIB-UI, sebagai upaya untuk lebih mengembangkan musik klasik yang bernuansa Indonesia," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009