Jakarta, (ANTARA News)- Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi menguat tajam hingga menembus angka Rp9.300 per dolar, karena aktifnya pelaku membeli rupiah berkat penguatan berlanjut bursa Wall Street.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik 80 poin menjadi Rp9.285-Rp9.295 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.365-Rp9.375.

Seorang ekonom dari bank swasta,  Fauzi Ichsan di Jakarta, Kamis mengatakan, melihat rupiah yang terus menguat akibat rally bursa Wall Street yang mendorong indeks Dow Jone mencapai 10.000 poin, maka rupiah mempunyai peluang untuk bisa mencapai ke level Rp9.000 per dolar.

Namun untuk menuju ke level tersebut, rupiah memerlukan dukungan yang kuat, apalagi Bank Indonesia (BI) juga mempunyai kebutuhan terhadap mata uang asing itu, katanya.

"Kita lihat saja dulu apakah rupiah pada pekan depat masih dapat bergerak naik lagi, karena BI diperkirakan akan masuk pasar melepas cadangan dolarnya," tambahnya.

Fauzi mengatakan, rupiah merupakan mata uang Indonesia yang mengalami kenaikan cukup tajam dibanding mata uang utama Asia lainnya, karena aktifnya pelaku asing bermain di pasar domestik.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009