Jakarta (ANTARA News) – Wall Street Institute, tempat kursus bahasa Inggris terkemuka, menggelar final kompetisi "Student English Trip 200", di Jakarta, (10/10) ditandai para siswa yang ikut berpartisipasi diuji kemampuan mereka berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengungkapkan ide-ide mereka mengenai budaya Indonesia.

Siaran pers humas panitia diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan kegiatan menarik ini diikuti oleh lebih dari 700 siswa Wall Street Institute yang tersebar di tiga cabang yaitu di Ratu Plaza, La Piazza Kelapa Gading, dan Pondok Indah Mall 1 Jakarta.

Grace Chandra, Head of Marketing Wall Street Institute Indonesia, mengatakan, kompetisi itu mengundang para siswa untuk berlomba memberikan yang terbaik dari mereka khususnya dalam berbahasa Inggris, agar bisa tampil penuh percaya diri mempresentasikan pendapat dan gagasan mereka mengenai budaya Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan, para siswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan kepercayaan diri mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris akan meningkat, begitu pula dengan kecintaan mereka terhadap budaya Indonesia.

Untuk dapat berpartisipasi dalam kontes ini, para siswa harus mengikuti sedikitnya 4 sesi encounter class, 4 sesi social club, dan 2 sesi complementary class terhitung sejak 1 Juni 2009.

Para siswa yang telah memenuhi syarat kemudian mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu Tes tertulis. Juri akan memilih 20 peserta dengan nilai tertinggi dari masing-masing cabang untuk diikutkan ke babak selanjutnya.

Juri kemudian menseleksi hingga 10 peserta. Ke-10 peserta ini ditugaskan untuk membuat karya tulis mengenai budaya Indonesia dalam bahasa Inggris dan mempresentasikan pendapat atau gagasan yang mereka tuangkan dalam karya tulis di hadapan siswa-siswa lainnya dalam suatu kegiatan social club.

Kriteria yang dinilai adalah kemahiran (fluency), pengetahuan (knowledge), daya tarik (charisma), dan kepercayaan diri (confidence). Di babak final ini, juri menambahkan satu kriteria yaitu kesiapan (readiness). Ke-9 finalis akan mempresentasikan karya mereka dalam mengkomersilkan pariwisata Indonesia di dunia serta menjawab pertanyaan dari para juri.

Wall Street Institute menyediakan hadiah menarik bagi para pemenang. Bagi pemenang I mendapatkan paket menginap di Melbourne, Australia selama 7 hari, sedangkan bagi pemenang II dan III, mendapatkan paket perjalanan 4 hari 3 malam ke Bangkok, Thailand.

Hasil kompetisi, yakni terpilih sebagai Juara I adalah Stefanni, siswa Wall Street Institute cabang La Piazza Kelapa Gading, juara kedua dan ketiga berturut-turut adalah Felix Chan, siswa Wall Street Institute cabang Ratu Plaza, dan Fanny dari cabang Pondok Indah Mal 1.(*)




Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009