Beijing (ANTARA News) - Sutradara film Roman Polanski akan menyelesaikan film paling akhirnya "The Ghost" dari balik jeruji besi di Swiss, kata temannya, penulis Robert Harris, sebagaimana dikutip oleh laporan media, Kamis.

Polanski ditangkap pada 26 September karena kasus 1977 yang melibatkan tuduhan perkosaan terhadap seorang gadis yang berusia 13 tahun, sewaktu ia tiba di Zurich untuk menerima penghargaan dari satu festival film.

Harris, yang menulis naskah buat film "The Ghost", mengatakan Polanski ingin menyelesaikan film tersebut tepat pada waktunya buat peluncuran penayangan yang dijadwalkan pada festival film Berlin, Februari.

"Ia (Polanski) dapat menyampaikan keinginannya dari selnya. Saya kira ia tak dapat menelepon, tapi ia dapat berkomunikasi," kata Harris kepada media seperti dilaporkan Xinhuanet-OANA.

Sutradara yang berusia 76 tahun itu, yang telah menyelesaikan editing film barunya pada hari penangkapannya, telah menghubungi rekannya mengenai masalah film dan memberikan instruksi mengenai film tersebut.

Pierce Brosnan tampil di dalam "The Ghost" sebagai seorang perdana menteri Inggris yang dituduh melakukan kejahatan perang.

"Apa yang orang kira mengenai film itu adalah masalah lain. Apakah itu dapat mengalahkan keadaan yang dihadapi sutradaranya sendiri, saya tidak tahu. Kami akan menguji batas yang lebih tinggi pendapat bahwa tak ada kejelekan seperti publikasi yang buruk," kata Harris.

"Ada mimpi buruk yang mengancam bahwa sang sutradara mungkin berada di dalam penjara pada saatnya (peluncuran film tersebut), tapi kami harus menanggulangi ini saat situasi berkembang. Saya yakin ia ingin film itu jalan terus, setelah mengerjakannya selama dua tahun," tambah Harris. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009