Swiss (ANTARA News) - Pengacara sutradara Roman Polanski meminta hakim merilis catatan yang dianggap bisa membantu pemerintah Swiss untuk menghentikan ekstradisi sutradara "The Pianist" itu ke Amerika Serikat (AS).

Polanski menjalani tahanan rumah di Swiss sambil menunggu ekstradisi atas kasus kejahatan seksual yang terjadi di Los Angeles, AS lebih dari 30 tahun lalu. Tahun 1977,

Polanski didakwa bersalah karena memperkosa seoran gadis berusia 13 tahun, namun dia melarikan diri ke luar negeri tahun 1978 karena dia percaya hakim akan menghukumnya lebih lama dari yang disampaikan.

Hakim California menolak permintaan pengacara Polanski untuk menjatuhkan hukuman tanpa kehadirannya.

Keputusan itu dilihat sebagai cara untuk membawa sutradara berusia 76 tahun itu ke AS. Pemerintah Swiss sudah menunggu kepastian dari hakim California sebelum mulai bertindak sendiri.

Namun, dalam mosi yang diajukan Kamis lalu, pengacara Polanski berpendapat bahwa pemerintah Swiss tidak memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan karena mereka tidak memiliki salinan pernyataan kunci dari jaksa kasus Polanski sebelumnya.

"Salinan itu akan membuktikan bahwa permintaan ekstradisi dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat kepada pemerintah Swiss berdasarkan pada pernyataan yang salah dan tidak lengkap," kata Chad Hummel, pengacara Polanski dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters.

Salinan itu sudah disegel dan pengacara Polanski ingin melihatnya, menggandakannya dan membaginya dengan pemerintah Swiss. Mereka berharap hal itu bisa membuat pemerintah Swiss menolak ekstradisi.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa hakim yang sudah meninggal, mungkin telah bertindak tidak semestinya. Pengacara Polanski berpendapat bahwa karena tindakan hakim, kasus tersebut harus dihentikan.

Jaksa sudah menuntut dan hakim California sudah menyetujui, meski hakim bertindak tidak tepat Polanski harus kembali ke AS untuk menghadapi pengadilan.

Pada bulan September, jaksa Los Angeles meminta pemerintah Swiss menahan dan mengekstradisi sutradara peraih Oscar itu. Polanski saat ini ditahan dirumahnya di Swiss selama perselisihan berlanjut. (ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010