Jakarta (ANTARA) - Barcelona pada Senin secara resmi mengumumkan kesepakatan yang mereka capai dengan Juventus untuk transfer tukar tambah Arthur Melo dengan Miralem Pjanic.

Laman resmi Barcelona menyebut Juventus akan membayar 72 juta euro (sekira Rp1,16 triliun) disertai klausul tambahan 10 juta euro (sekira Rp161,1 miliar) untuk mendapatkan Arthur.

Sebaliknya, Barcelona membeli Pjanic dengan banderol 60 juta euro (sekira Rp966,6 miliar) disertai klausul tambahan 5 juta euro (sekira Rp80,5 miliar).

Baca juga: Juventus dan Barcelona setuju tukar Miralem Pjanic dengan Arthur Melo

Baik Arthur maupun Miralem akan sama-sama bertahan di klub asalnya hingga rampungnya musim 2019/20, yang sempat tertangguhkan tiga bulan karena pandemi COVID-19.

Barcelona mengikat Pjanic dengan kontrak empat musim disertai klausul nilai pembelian minimum 400 juta euro (sekira Rp6,4 triliun).
Sedangkan Arthur diikat oleh Juventus dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Arthur tiba di Barcelona sejak musim panas 2018 dari Gremio dan sudah 72 kali membela Las Blaugranas di semua kompetisi, yang diwarnai torehan empat gol serta membantu memenangi gelar Liga Spanyol dan trofi Piala Super Spanyol.

Baca juga: Quique Setien bantah isu memburuknya suasana ruang ganti Barcelona

Sementara Pjanic tiba di Barcelona dengan bekal tiga gelar juara Liga Italia Serie A bersama Juventus serta dua trofi Coppa Italia dan satu kali memenangi Piala Super Italia.
Barcelona saat ini sedang berjuang untuk membayar defisit dua poin di belakang Real Madrid dalam upaya mempertahankan gelar juara Liga Spanyol yang menyisakan enam putaran pertandingan lagi.

Sedangkan Juventus memimpin klasemen Liga Italia unggul empat poin atas Lazio dan berpeluang untuk meraih gelar juara sembilan musim beruntun.

Baca juga: Klasemen Liga Italia setelah Lazio gagal menempel Juventus

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020