Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI terpilih Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu (17/10) akan mulai memanggil sejumlah calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II di kediaman pribadi Puri Cikeas Bogor.

"Besok jam 10 SBY mulai panggil calon menteri yang telah dihubunginya. Mungkin besok (Sabtu red.) dari pagi sampai selesai separuh (dari 34 calon menteri) dulu, kemudian besoknya (Minggu, 18/10) separuhnya lagi. Tetapi kalau belum selesai bisa dilanjutkan pada Senin (19/10)," kata Juru Bicara Presiden Andi Malarangeng di Jakarta Jumat.

Menurutnya, calon menteri yang hadir pada Sabtu adalah nama-nama yang sudah dihubungi oleh SBY pada Kamis (15/10) , sementara calon yang hadir pada Minggu adalah nama-nama yang ditelefon pada Jumat malam.

"Sampai malam ini SBY masih menghubungi beberapa nama lagi," tambahnya.

Dikatakannya, pada saat pemanggilan, para calon menteri diminta untuk menandatangani pakta integritas dan kontrak kerja yang telah disiapkan oleh SBY dan Wapres terpilih Boediono.

"Setelah itu mereka keesokannya bisa melakukan tes kesehatan di rumah sakit Gatot Subroto," kata Andi.

Mengenai kabar bahwa sejumlah kementerian dan departemen akan dibantu oleh seorang wakil menteri, Andi tidak membantahnya dan menjelaskan bahwa hal itu sangat mungkin sekali terutama untuk kementerian atau departemen yang memiliki ruang tugas yang sangat luas.

"Itu dimungkinkan sekali untuk memudahkan kerja, tetapi apakah ada atau tidak dalam kabinet mendatang, tunggu saja kabarnya besok," katanya.

Sebelumnya, Presiden SBY menegaskan bahwa jumlah menteri dalam KIB II adalah sebanyak 34, sesuai jumlah maksimal yang diatur dalam UU nomor 39/2008.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009