Bogor (ANTARA News) - Presiden RI terpilih Susilo Bambang Yudhoyono memberikan isyarat bahwa sejumlah calon menteri yang dipanggilnya masih bisa saja berubah posisi.

"Ini kan uji seleksi, kita lihat masih ada besok, tanggal 20 dan 21. Jadi masih ada tiga hari," kata Yudhoyono saat ditanya mengenai kepastian para calon menteri yang dipanggil akan masuk dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Presiden menyampaikan hal itu saat menghampiri wartawan di saat jeda wawancara calon menteri di kediaman pribadi Yudhoyono di Cikeas, Bogor Minggu sore.

Menurut dia, proses wawancara para calon menteri yang berjumlah 34 orang, belum akan selesai pada hari Minggu meski sudah dimulai sejak Sabtu (17/10).

"Besok masih ada gelombang terakhir," kata Yudhoyono.Namun, ia memastikan bahwa calon yang dipanggil adalah calon menteri, serta pejabat-pejabat utama menteri seperti Kepala BKPM.

Yudhoyono juga mengatakan bahwa dari wawancara sejak Sabtu kemarin, hasilnya cukup menggembirakan sesuai keinginannya.

"Hasil wawancara boleh dikatakan `meet the standard`.Tetapi ini belum rampung dan akan jalan terus," katanya.

Pada Sabtu dipanggil 16 orang, sementara pada hari Minggu sudah 14 orang dipanggil antara lain Menteri PU Djoko Kirmanto, Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Ekonomi Darwin Zahedy Saleh, Ketua Kadin Indonesia MS Hidayat, Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Gusti Muhammad Hatta, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PKS Suharna Surapranata dan Ketua Kowani Linda Agum Gumelar.

Beberapa calon lain juga sudah menjalani uji kelayakan seperti politisi PAN Patrialis Akbar, Dokter Nila Djuwita Moeloek, Komisaris Pertamina Gita Wirjawan.

Berikutnya adalah Sekjen PAN Zulkifli Hasan dan Wakil Sekjen PKB Helmy Faisal Zaini, Dirut Bulog Mustofa Abubakar, politisi PPP Soharso Monoarfa, dan politisi Partai Demokrat EE Mangindaan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009