Layanan UGD RS Puri Raharja ditutup sementara karena COVID-19

Layanan UGD RS Puri Raharja ditutup sementara karena COVID-19

UGD RSU Puri Raharja, Denpasar, Bali. (ANTARA/Ayu Khania Pranisitha/2020)

selanjutnya diperpanjang atau tidak itu melihat perkembangannya
Denpasar (ANTARA) - Layanan Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum, Puri Raharja ditutup sementara hingga 5 Juli 2020 karena ada tujuh tenaga kesehatannya positif COVID-19.

"Yang terpapar ada tujuh orang tenaga medis, dari tujuh orang tersebut empat orang diantaranya dirawat di RS, dua orang di tempat karantina dan satu orang di hotel. Kondisi semuanya stabil dan sampai saat ini masih menunggu hasil swab," kata Manager marketing RSU Puri Raharja, I Gusti Nyoman Tongki Adiyono, di RSU Puri Raharja Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan empat orang tenaga kesehatan yang positif COVID-19, dirawat di tiga rumah sakit rujukan diantaranya di RS PTN Universitas Udayana, RS Bali Mandara dan RSUP Sanglah, Denpasar.

Penutupan sementara layanan UGD di RSU Puri Raharja, dilakukan karena tenaga kesehatan yang terdiri dari tiga dokter dan empat perawat terpapar virus corona. Sehingga untuk menekan penyebarannya UGD ditutup untuk menjaga keamanan tenaga kesehatan lainnya dan masyarakat serta pasien pada khususnya agar tidak menyebar dan mensterilkan ruangan.

Baca juga: RS PTN Unud rawat tujuh dokter positif COVID-19

Baca juga: Puskesmas Simpang Kiri ditutup sepekan akibat dokter positif COVID-19


"Rancangan sementara kita sampai 5 Juli 2020, sambil menunggu hasil swab tenaga kesehatan tersebut. Untuk selanjutnya diperpanjang atau tidak itu melihat perkembangannya nanti,"katanya.

Selain itu, untuk layanan yang lain seperti pengantar dari DPJP untuk MRS atau tindakan dan pasien dari poliklinik spesialis tetap dibuka.

"Poliklinik tetap buka seperti biasa, kemudian rawat inap yang sifatnya elektif atau yang berencana karena ada tindakan operasi, juga masih dibuka seperti biasa," kata Tongki.

Ia mengatakan bagi pasien atau pengunjung diimbau agar wajib menggunakan masker ketika datang ke RS.
​​​​​
Akses pengunjung juga dipermudah karena bagian Poliklinik telah membuka reservasi melalui online untuk mengurangi kerumunan di RS. Kata dia RSU Puri Raharja juga membatasi kunjungan dari keluarga pasien.

Baca juga: Layanan IGD RSUD Kapuas dihentikan, tenaga medis karantina mandiri

Baca juga: Gugus Tugas: Dokter asal Mojokerto-Jatim positif COVID-19

 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Edhy Prabowo tegaskan ekspor benih lobster demi kepentingan rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar