Padang (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah pesisir pantai barat Sumatra Barat (Sumbar) dengan kedalam 20 kilometer, titik koordinat 1,87 Lintang Selatan (LS) dan 100,10 Bujur Timur (BT) Pesisir Selatan, Senin pukul 23.35 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Tautif Gunawan, ketika dikonfirmasi membenarkan gempa terjadi Senin malam, tetapi tidak berpotensi menimbul tsunami dan warga Sumbar diminta tak perlu panik.

Taufik menyebutkan, guncangan gempa itu dirasakan di beberapa daerah seperti di Pesisir Selatan, Padang, Pariaman dan Padangpanjang.

"Ini gempa baru karena pusatnya di barat daya Painan, Pesisir Selatan, Sumbar," katanya.

Wartawan ANTARA News melaporkan bahwa di kawasan Pondok Kota Padang, warga berhamburan keluar rumah karena guncangan cukup dirasakan masyarakat.

Kendati demikian, berselang hitungan detik warga berangsur kembali ke rumah, meskipun sempat mengagetkan pengemudi kendaraan yang melihat warga berlarian ke luar rumah.

Buyung warga Padang, mengatakan guncangan gempa termasuk kuat dirasakan di lantai II, makanya ia lari keluar rumah khawatir akan lebih besar lagi. "Trauma gempa 30 September 2009 lalu belum hilang, kini datang lagi," kata pria dua anak itu.

Sementara itu, seorang pengemudi kendaraan yang melintas di depan Kantor Berita ANTARA Biro Sumbar, mengaku tak merasakan adanya gempa karena sedang berada dalam mobil. "Awak...(saya) keluar mobil karena melihat warga berlari ke luar rumah dan menduga gempa, ternyata benar," katanya.

Guncangan gempa juga dirasakan warga Padang yang bermukim di pinggiran kota, dan mereka juga sempat berlarian keluar rumah.(*)

Pewarta:
Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2009