Barcelona,(ANTARA News) - Pemegang gelar juara Liga Champions musim lalu, Barcelona, Selasa mengalami kekalahan pertama mereka dalam 10 pertandingan ketika Aleksandr Ryazantsev dan Gokdeniz Karadeniz melesakkan gol untuk memberi klub Rusia Rubin Kazan kemenangan mengejutkan 2-1 atas Barca dalam pertandingan Liga Champions mereka di Grup F.

Kemenangan bagi juara liga Rusia itu merupakan kekalahan pertama Barca dalam suatu pertandingan kompetisi di kandang mereka sejak kekalahan di Liga Utama Spanyol (La Liga) dari Osasuna pada Mei lalu, ketika mereka sudah menjadi juara liga, sehingga Grup F itu masih membuka lebar peluang bagi tim lain untuk memimpin klasemen di tahap pertengahan ini, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Sementara itu Inter Milan terpuruk ke posisi buncit dengan tiga poin setelah pertandingan kandangnya berakhir 2-2 melawan Dynamo Kiev. Barca, Rubin dan Dynamo semua mengantungi empat poin dari tiga pertandingan mereka.

Rubin mengguncang tim asuhan Pep Guardiola itu hanya dalam waktu dua menit di kandang Barca, Nou Camp, ketika pemain tengah Ryazantsev menembakkan bola dari jarak jauh dan bola mengarah melewati Victor Valdes lalu menghunjam masuk ke pojok kanan gawang.

Barca banyak mendominasi bola setelah tertinggal 0-1 tetapi merasa sulit menembus pertahanan tim tamu, yang terorganisir dengan baik, hingga Xavi memberi striker Zlatan Ibrahimovic satu umpan matang pada menit ke-48.

Striker asal Swedia itu mengontrol bola umpan dengan dadanya dan melepaskan tembakan rendah melewati Sergei Ryzhikov dari sisi kanan kotak penalti tetapi Barca kembali tertinggal setelah Rubin mengubah pola permainan pada babak kedua, dengan diperkuat oleh Alejandro Dominguez.

Pemain depan asal Argentina itu mengirim umpan kepada Karadeniz dan pemain Turki tersebut mencetak gol kedua Rubin pada sisa waktu 17 menit.

Guardiola memasukkan pemain tengah Seydou Keita untuk menggantikan bek tengah Rafael Marquez pada sisa waktu 10 menit dan Barca membangun serangan untuk membalas gol kedua Rubin itu namun tetap tidak dapat menyamakan kedudukan hingga pertandingan berakhir.

Pelatih Rubin Kurban Berdyev mengatakan strategi timnya adalah berusaha membaca permainan Barca terlebih dahulu dan baru menyerang mereka.

"Seluruh tim bermain dengan baik dan mereka menunjukkan kontrol bola yang baik sepanjang pertandingan dan oleh karena itu kami menang hari ini," ujar Berdyev pada konferensi pers.

"Saya sangat bangga dan saya kira hari ini akan menjadi pesta besar bagi para penggemar kami," tambah Berdyev, yang disambut tepuk tangan meriah dari sekelompok wartawan Rusia.

Para pemain

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves (16-Sergio Busquets 90+2), 3-Gerard Pique, 4-Rafael Marquez (15-Seydou Keita 80), 22-Eric Abidal; 6-Xavi, 24-Yaya Toure, 8-Andres Iniesta; 10-Lionel Messi, 9-Zlatan Ibrahimovic, 17-Pedro (11-Bojan Krkic 66).

Rubin Kazan: 77-Sergei Ryzhikov; 4-Cesar Navas, 76-Roman Sharonov, 3-Cristian Ansaldi, 9-Lasha Salukvadze; 15-Alexander Ryazantsev (88-Alan Kasaev 84), 7-Sergei Semak (42-Rafal Murawski 43), 16-Christian Noboa, 61-Gokdeniz Karadeniz (24-Aleksei Popov 90+2) ; 10-Alejandro Dominguez, 19-Vitali Kaleshin.

Wasit: Laurent Duhamel (Prancis).(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009