Bogor (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono mengatakan, ia akan melakukan penataan dan pembenahan pada Departemen Pertanian sebagai pilar utama pembangunan nasional guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Dalam perbincangan dengan ANTARA, Rabu, Suswono mengatakan, dirinya telah memiliki strategi dan program kerja yang akan dijalankan guna mewujudkan tekad tersebut.

Guna membenahi sektor pertanian, Suswono memiliki misi "Pertanian industrial berkelanjutan yang berbasis sumbderdaya lokal untuk meningkatkan nilai tambah daya saing ekspor dan kesejahteraan petani."

Melalui misi itu ia berharap dapat mewujudkan swasembada beras berkelanjutan. Swasembada jagung yang selama ini sudah tercapai juga akan dikembangkan secara berkelanjutan.

Selain itu, ia juga bertekad untuk meningkatkan nilai tukar dan daya saing pertanian, guna menggenjot peningkatan kesejahteraan petani.

"Saya akan berjuang meningkatkan kesejahteraan petani. Kepemilikan lahan yang terbatas, akan diupayakan ditingkatkan," ungkapnya.

Rata-rata petani di Indonesia hanya memiliki lahan 0,3 hektar. Idealnya setiap petani memiliki lahan sekitar 2 hektare.

Karena itu guna mengatasi keterbatasan lahan, terutama di Pulau Jawa, ia mengutarakan akan melakukan kerjasama lintas sektor terutama dalam hal ini dengan Depnakertrans guna mengembangkan program transmigrasi ke luar Jawa.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009