Moskow (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi tiba Rabu dalam kunjungan pribadi ke Rusia dan disambut oleh mitra Rusia yang juga temannya, Vladimir Putin, kata pers Rusia.

Televisi Rusia menunjukkan kedua perdana menteri itu berjabat tangan dan berbicara singkat di bandara Saint Petersburg dimana Putin menyambut pemimpin Italia tersebut. Mantan presiden Rusia itu didampingi oleh Walikota Saint Petersburg, Valentina Matvienko.

Berlusconi sedang dalam "kunjungan pribadi" ke Rusia, namun pertemuannya dengan Putin "juga memiliki makna kerja," kata jurubicara PM Rusia itu kepada AFP, Rabu.

Putin telah mengungkapkan harapan untuk melakukan pembicaraan dengan pemimpin Italia itu dan PM Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis mengenai proyek pipa saluran minyak yang dikenal sebagai Aliran Selatan.

"Besok kami akan memiliki peluang untuk berbicara (mengenai Aliran Selatan) dengan PM Turki," kata Putin.

Proyek Aliran Selatan Rusia-Italia dipandang sebagai saingan bagi pipa minyak Nabucco yang dipelopori Uni Eropa, yang bertujuan membawa gas Laut Kaspia ke Eropa melalui Turki, Yunani, Bulgaria, Romania dan Hongaria.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009