n, Kuala Lumpur (ANTARA News) - Asosiasi Peternak Telur Ayam Malaysia menyumbangkan satu juta telur senilai 300 ribu ringgit (Rp850 juta) untuk korban gempa bumi Sumatera Barat di Padang.

Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia Noh Omar menyerahkan secara simbolis sekeranjang telur kepada Dubes RI untuk Malaysia Da`i Bachtiar di Kuala Lumpur, Kamis.

"Kami sumbang satu juta telur ini karena sudah banyak donatur lainnya memberi sumbangan baju, makanan, minuman dan lainnya. Namun belum ada sumbangan telur, sedangkan industri telur di Sumatera Barat ikut hancur akibat gempa," kata Noh Omar.

Lee Ah Fatt mengatakan, sumbangan ini merupakan tahap pertama. "Jika nanti masih diperlukan lagi akan kami sumbangkan lagi," katanya.

Dia mengungkapkan, sumbangan ini adalah bentuk keprihatinan dan sedih rakyat Malaysia atas bencana alam yang menimpa tetangga dan saudaranya di Sumatera Barat.

"Kami berharap saudara-saudara kami di Sumatera Barat terus tabah dan bersabar atas cobaan ini. Kami terus doakan untuk kesejahteraan dan keselamatan untuk semua rakyat Indonesia," kata Noh Omar.

Sementara Da`i Bachtiar mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangan Malaysia dan menyebutnya sebagai bentuk persahabatan dan persaudaraan antara rakyat Indonesia-Malaysia yang terus terjalin dengan baik.

Presiden Asosiasi Peternak Ayam Malaysia Lee Ah Fatt yang hadir di acara itu menyatakan produksi telur Malaysia tahun 2008 mencapai 7,7 miliar telur dan 11 persennya sekitar 834 juta telur telah diekspor ke mancanegara dan mengalirkan devisa 185,7 juta ringgit.

"Telur ini mampu bertahan tiga minggu maka setelah itu akan basi atau kadaluarsa," kata Lee. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009