Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel optimistis jumlah pelanggan kartu prabayar AS akan terus tumbuh dari saat ini sekitar 21 juta nomor sejalan dengan diversifikasi pasar.

"Kita terus mengembangkan pasar rural untuk mempertahankan pertumbuhan," kata GM Marketing Telkomsel, Nirwan Lesman, di Jakarta, Rabu.

Nirwan menjelaskan, pelanggan pasar kartu AS saat ini kembali "booming" setelah beberapa triwulan sebelumnya sempat stagnan.

Menurutnya, salah satu pendorong percepatan pelanggan kartu AS adalah intensifnya layanan nilai tambah berupa layanan konten seperti nasa sambung pribadi (NSP), ring back tone (RBT), ring tone, games, video, wall paper.

Salah satu program yang menyediakan keseluruh layanan tersebut adalah kerjasama konten dengan musisi Rhoma Irama dan Ridho Rhoma.

Program kerjasama dengan dengan musisi, ujar Nirwan cukup mampu mendorong penambahan pelanggan.

Hal yang juga sudah pernah dilakukan dengan kelompok musik ternama seperti Slank dan Ungu.

Khusus dengan Rhoma dan Ridho, jumlah pelanggan kartu AS yang aktif mengunduh konten lagu, RBT, wall paper sudah mencapai 500.000 nomor padahal kerjasama baru dimulai beberapa pekan.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya layanan tarif murah yang terjangkau kalangan masyarakat rural, kini kartu As mulai menggaet musik dangdut.

Menurutnya, repositioning dari musik pop ke dangdut adalah upaya mengembalikan keemasan kartu As yang pernah mencapai 500 ribu aktivasi perbulan beberapa tahun lalu.

"Musik adalah bersifat universal, dan akan dikembangkan rural area," katanya.

Akan tetapi, Nirwan enggan merinci target aktivasi kartu As dari hasil kerjasama dua pedangdut bapak anak ini.

Terkait dengan itu, Telkomsel juga menyatakan kembali memperpanjang program tarif murah bagi pelanggan kartu As.

Dalam program ini dengan Rp1.000 pelanggan memperoleh 500 sms atau telepon 10 menit.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009