Johannesburg (ANTARA News/Reuters) - Carlos Alberto Parreira asal Brasil diangkat menjadi pelatih Afrika Selatan untuk putaran final Piala Dunia, demikian diumumkan oleh asosiasi sepakbola negara tersebut, Jumat waktu setempat.

Parreira sekarang dipastikan akan mengukir rekor enam kali ikut Piala Dunia sebagai pelatih setelah namanya muncul menggantikan pelatih senegaranya Joel Santana yang dipecat pada Senin setelah menuai hasil buruk dalam beberapa pertandingan pemanasan yang dilakukan oleh tuan rumah Piala Dunia itu.

Parreira yang kini berusia 66 tahun sempat menangani Afsel pada 2006, namun dia mundur setelah bertugas dalam 21 pertandingan pada April 2008 ketika istrinya sakit kanker.

Dia kembali ke Rio de Janeiro untuk menemani istrinya, dan kemudian merekomendasikan Santana untuk menempati posisinya.

Namun Santana kalah kharismatik dibanding Parreira dan setelah 18 bulan dia mundur setelah Afsel menelan delapan kekalahan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka.

Kembali Dikritik

Kembalinya Parreira mencuatkan kritik yang terlontar dari beberapa tokoh sepakbola Afsel, termasuk para mantan pelatih yang merasa ini saatnya Afsel mengangkat pelatih lokal untuk membawa tim di putaranfinal Piala Dunia.

Namun asosiasi sepakbola Afsel mengatakan mereka sudah memulai pembicaraan dengan Parreira tentang kemungkinannya untuk kembali menangani tim sebelum dipecatnya Santana.

Parreira punya prestasi membawa Brasil memenangi piala Dunia 1994 dan juga pernah bertugas di Kuwait pada 1982, UEA pada 1990 dan di Arab Saudi pada 1998.

Afrika Selatan akan bertanding melawan Jepang di kandang pada 14 Nopember dan dilanjutkan melawan Jamaika tiga hari kemudian.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009