Jakarta (ANTARA) - Jika Anda terpaksa tidur tanpa bisa terlebih dulu mengeringkan rambut Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar rambut tidak rusak dan muncul masalah kesehatan lainnya.

1. Oleskan minyak kelapa ke rambut Anda

Ada bukti minyak kelapa melindungi rambut basah dari kerusakan. Saat basah, rambut Anda menyerap air dan rentan terhadap kerusakan. Minyak kelapa mengurangi jumlah air yang diserap sehingga mengurangi risiko rusak.

Baca juga: Manfaat bayam untuk beri energi hingga tangkal kanker

Baca juga: Mengatasi uban di usia muda


Namun, mengoleskan minyak pada rambut tidak disarankan jika Anda menderita eksim seboroik, karena minyak kelapa dapat memperburuk keadaan.

2. Gunakan kondisioner

Kondisioner membantu menutup kutikula rambut, mengurangi gesekan. Rambut yang dibleaching atau mendapatkan perawatan bahan kimia dapat memperoleh manfaat lebih penggunaan kondisioner.

Hilangkan air dari rambut sebisa mungkin. Semakin sedikit air di rambut Anda, semakin meminimalisir kerusakan yang terjadi. Pastikan (dengan lembut) mengurai rambut Anda sebelum tidur untuk membantu menghindari tekanan ekstra pada rambut Anda.

3. Sarung bantal sutra bisa membantu
Ada beberapa bukti tidur di atas sarung bantal sutra lebih baik untuk kulit karena tak kering dan memberikan permukaan tanpa gesekan.

Meskipun tidak ada bukti manfaatnya untuk rambut, permukaan yang lebih lembut juga dapat membantu mengurangi kerusakan jika Anda tidur dengan rambut Anda basah - atau kering, dalam hal ini.

Baca juga: Tidur saat rambut basah bisa sebabkan pilek?

Baca juga: Tidur dengan rambut basah berbahaya untuk kesehatan?

Baca juga: Manfaat biji markisa untuk kesehatan, kulit dan rambut

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020