Kairo,(ANTARA News) - Liga Arab, yang berpusat di Kairo, Mesir, Ahad, memperingatkan mengenai konsekuensi serius akibat pelanggaran Israel menerobos ke Masjid Al-Aqsha.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Ahad malam, pemimpin Liga Arab Amr Moussa mengutuk tindakan Israel itu, dan menggambarkannya sebagai pelanggaran serius terhadap Masjid Al-Aqsha, serta meminta Israel "menghentikan pelanggaran tersebut segera dan mengakhiri blokade yang diberlakukan atas kompleks masjid Al-Aqsha", sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Moussa menyeru Dewan Keamanan PBB agar campur-tangan menghentikan serangan Israel itu terhadap Majis Al-Aqsha dan menetapkan Israel bertangung-jawab atas meningkatnya situasi.

Ahad pagi, polisi Israel dan pemrotes Arab bentrok di kompleks tempat suci ketiga umat Muslim itu, sehingga menyoroti kondisi yang sudah bergolak di sekitar tempat tersebut --yang juga menjadi tempat suci umat Yahudi.

Kerusuhan itu meletus saat polisi Israel meningkatkan langkah pengamanan setelah pemimpin Muslim setempat menyeru negara Arab pada akhir pekan agar mempertahankan kompleks Masjid Al-Aqsha di Kota Yua dari apa yang mereka sebuah penaklukan Yahudi. Beberapa orang cedera dalam peristiwa tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009