Liga Inggris

Tundukkan Crystal Palace, Chelsea lompat ke tiga besar

Tundukkan Crystal Palace, Chelsea lompat ke tiga besar

Pemain sayap Chelsea Christian Pulisic melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Crystal Palace dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Selhurst Park, London, Inggris, Selasa (7/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Justin Tallis)

Jakarta (ANTARA) - Chelsea melompat ke tiga besar klasemen Liga Inggris setelah menundukkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-34 tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Selhurst Park, London, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Olivier Giroud, Christian Pulisic dan Tammy Abraham masing-masing mencetak gol Chelsea dalam kemenangan tersebut, sedangkan Palace hanya bisa membalas dua kali melalui Wilfried Zaha dan Christian Benteke.

Kemenangan itu mengantarkan Chelsea untuk sementara naik ke posisi ketiga dengan koleksi 60 poin, menggusur Leicester City (58) yang baru main dalam laga lebih larut, sedangkan Palace (42) tertahan di urutan ke-14 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Lampard sanjung kontribusi Pulisic sejak kompetisi dilanjutkan

Anak-anak asuhan Frank Lampard mengawali laga dengan sangat bagus dan hanya butuh enam menit untuk membuka keunggulan ketika Giroud menyambut umpan tarik Willian demi mengirim bola ke pojok tiang jauh.

Gol itu menimbulkan kontroversi sebab bek Palace, Gary Cahill, lebih dulu terkapar karena cedera sebelum para pemain Chelsea mengabaikannya dan tetap melancarkan serangan mereka hingga menyarangkan bola ke gawang tuan rumah.

Apapun itu, Chelsea tetap memiliki keunggulan dan hampir menggandakannya pada menit ke-10 ketika sepak pojok Willian bisa disambut oleh Kurt Zouma, sayang sundulannya masih melenceng dari sasaran.

Keunggulan Chelsea akhirnya berganda pada menit ke-27 ketika Pulisic menyelesaikan peluang yang dihasilkan dari kerja sama Willian dan Giroud sebelum melepaskan tembakan kencang yang tak mampu diantisipasi kiper Vicente Guaita.

Pada menit ke-33, Willian hampir menambah keunggulan Chelsea sayang tembakannya bisa diamankan oleh Guaita dan semenit kemudian justru Palace berhasil memperkecil ketertinggalan jadi 1-2 lewat sepakan jarak jauh nan gemilang yang dilepaskan oleh Zaha.

Baca juga: Chelsea konfirmasi cedera N'golo Kante

Di pengujung babak pertama, skor hampir menjadi imbang sayangnya sundulan Benteke menyambut umpan tendangan bebas Luka Milivojevic masih mengarah tepat ke pelukan kiper Kepa Arrizabala dan keunggulan Chelsea tak berubah hingga aba-aba istirahat.

Pertandingan babak kedua tampak berimbang, tetapi baik Chelsea maupun Palace belum menemukan kembali penyelesaian bagus di sepertiga akhir lapangan.

Hingga pada menit ke-71, Abraham yang baru enam menit merumput menggantikan Giroud sukses mencetak gol ketiga Chelsea memanfaatkan umpan sontekan Ruben Loftus-Cheek.

Semenit kemudian, Palace mencetak gol balasan lewat sontekan jarak dekat Benteke menyelesaikan umpan dari Patrick van Aanholt dan mengubah skor jadi 2-3.

Tim tamu hampir merestorasi keunggulan dua gol mereka empat menit jelang bubaran waktu normal ketika Willian menyodorkan bola untuk diselesaikan Mason Mount, tetapi Guaita cukup sigap menghalau bahaya yang datang.

Palace terus berusaha mencari satu gol untuk menyamakan kedudukan hingga injury time, tetapi dua peluang mereka dihalau oleh Andreas Christensen dan Reece James sebelum kemudian Scott Dann mendapati sundulannya membentur tiang gawang memastikan Chelsea tetap mengantungi tiga poin penuh dari laga tersebut.

Chelsea akan memainkan laga pekan ke-35 mereka lebih dulu di kandang Sheffield United pada Sabtu (11/7), sedangkan Palace baru main sehari kemudian menyambangi markas Aston Villa.

Baca juga: Spurs kalahkan Everton berkat gol bunuh diri Michael Keane
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool 11 poin dari rekor "centurion"


Susunan pemain:

Crystal Palace (4-3-3): Vicente Guaita; Joel Ward, Scott Dann, Gary Cahill (Mamadou Sakho), Patrick van Aanholt; Cheikhou Kouyate, Luka Milivojevic (Max Meyer), James McArthur (James McCarthy); Jordan Ayew (Andros Townsend), Christian Benteke, Wilfried Zaha
Pelatih: Roy Hodgson

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Cesar Azpilicueta; Ross Barkley (Ruben Loftus-Cheek), Billy Gilmour (Jorginho), Mason Mount; Willian, Olivier Giroud (Tammy Abraham), Christian Pulisic
Pelatih: Frank Lampard

Baca juga: Luke Shaw yakin MU kini lebih percaya diri
Baca juga: Bos Brighton yakini Liverpool bakal terus dominasi liga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar