New York (ANTARA News/AFP) - Saham AS jatuh pada Rabu waktu setempat, di tengah kekhawatiran atas laju pemulihan ekonomi setelah penurunan tidak terduga penjualan rumah baru dan berkurangnya sentimen konsumen.

Dow Jones Industrial Average kehilangan 119,48 poin (1,21 persen) menjadi 9.762,69 pada penutupan pasar, sehari setelah Wall Street ditutup negatif terutama menyusul lebih lemahnya dari perkiraan laporan keyakinan konsumen.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq menyusut 56,48 poin (2,67 persen) menjadi 2.059,61 dan pasar lebih luas indeks Standard & Poor`s 500 mundur 20,78 poin (1,95 persen) ke penutupan pendahuluan 1.042,63.

Saham anjlok di tengah kekhawatiran bahwa kelanjutan pemulihan ekonomi "mungkin akan mengulur-ulur," diperburuk oleh penurunan tak terduga penjualan rumah baru, analis Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

"Latar belakang ekonomi yang tidak menentu ini membayangi kenaikan yang solid dalam pesanan barang tahan lama dan putaran laporan pendapatan perusahaan yang lebih baik dari perkiraan," kata mereka.

Penjualan rumah baru AS turun secara tak terduga pada September setelah lima kali berturut-turut bulanan meningkat, data pemerintah menunjukkan Rabu.

Departemen Perdagangan mengatakan penjualan rumah baru keluarga tunggal turun di sebuah penyesuaian secara berkala tingkat tahunan 402.000 atau 3,6 persen bulan lalu dari revisi 417.000 pada Agustus.

Itu jauh di bawah perkiraan pasar tingkat 440,000 di bulan September karena analis memperkirakan penjualan mencatat kenaikan kali keenam bulan berturut-turut dengan para pengembang menguangkan pajak kredit federal untuk pembeli rumah pertama kali yang berakhir pada akhir bulan berikutnya.

Data baru Rabu menunjukkan pesanan baru barang tahan lama AS untuk manufaktur naik 1,0 persen pada bulan September tidak berdampak pada pasar, kata para analis. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009