Jakarta (ANTARA) - Biro perjalanan daring tiket.com turut menyediakan tiket untuk aktivitas virtual yang belakangan semakin marak.

"Virtual dan sebagainya itu pasti karena itu aktivitas yang orang-orang mulai jalani, trennya sudah mulai ke arah sana," kata Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa di Jakarta, Selasa (7/7).

Masyarakat yang tak leluasa keluar rumah kini menikmati pilihan hiburan yang ada secara virtual. Selama pandemi COVID-19, ada banyak acara yang berlangsung secara daring, termasuk kelas virtual, tur virtual hingga konser musik. Peminatnya pun lumayan, ujar dia.

Kendati demikian, memang ada pengalaman tak tergantikan ketika aktivitas ini dilakukan secara tatap muka.

"Feel-nya pasti beda, tapi orang sekarang masih cautious (untuk keluar rumah)," ujar Gaery.

Aktivitas jalan-jalan yang rutin diadakan Wisata Kreatif Jakarta, misalnya, kini digelar virtual. Bersama Atourin, mereka menggelar tur virtual seputar Jakarta untuk memperingati ulang tahun ibu kota Indonesia bulan lalu.

E-commerce BliBli juga menyediakan layanan wisata virtual baik domestik maupun mancanegara, salah satunya jalan-jalan untuk mengintip kota Seoul, Korea Selatan.

Fenomena yang sama terjadi di luar Indonesia. Thailand sudah menggelar festival musik rock berdurasi enam jam yang digelar lewat platform video Zoom pada Juni lalu.




Baca juga: Jelajah kuliner & budaya Betawi lewat tur virtual keliling ibu kota

Baca juga: Kemarin, Kominfo pastikan PeduliLindungi aman hingga tur virtual Nepal

Baca juga: Tur virtual rumah hantu "Winchester" hingga Everest di Nepal

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020