Jakarta (ANTARA News) - Unggulan kedua ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir bangkit dari ketinggalan game pertama untuk meraih kemenangan dan maju ke semifinal Prancis Terbuka Super Series.

Dalam pertandingan yang digelar di Pierre de Coubertin Stadium Paris, Jumat malam, Nova/Liliyana kehilangan game pertama 6-21, sebelum bangkit untuk mengalahkan pasangan unggulan keenam dari India Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta 6-21, 22-20, 21-10.

Secara mengejutkan pasangan dua kali juara dunia itu tertinggal hingga 0-9 pada game pertama dan hanya berhasil mengumpulkan enam poin sebelum pasangan India menyudahinya dengan kemenangan 21-6.

Keadaan agak membaik pada game kedua ketika kedua pasangan bermain ketat dan saling menyamakan kedudukan hingga angka 20-20 sebelum Nova/Liliyana merebutnya untuk memaksakan game penentuan.

Namun pada game ketiga, Nova/Liliyana yang menghasilkan tujuh angka melalui smes dibanding lawan yang hanya memperoleh satu, melaju untuk memimpin sejak awal untuk membukukan kemenangan.

"Pada game pertama kami terserang terus, kami terbawa permainan mereka, sulit untuk keluar dari tekanan mereka," ujar Nova usai pertandingan.

Ia juga mengatakan, tenaga lawan mereka sangat kuat dengan ditunjang postur tubuh yang tinggi. "Untung kami bisa melewati poin-poin kritis pada game kedua," tambahnya.

Pada semifinal, mereka akan melawan pasangan China unggulan kelima He Hanbin/Yu Yang yang menang atas ganda Denmark unggulan keempat Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen 21-17, 22-20.

Semifinal ganda campuran lainnya mempertemukan pasangan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa dengan pasangan China unggulan delapan Tao Jiaming/Zhang Yawen yang menyisihkan pasangan Malaysia Koo Kien Keat/Wong Pei Tty 21-12, 21-17.

Sebelumnya, Hendra AG/Vita tanpa kesulitan meraih kemenangan 21-18, 21-9 atas Kristof Hopp (Jerman)/Anastasia Russkikh (Rusia) untuk maju ke babak empat besar dalam turnamen berhadiah total 200 ribu dolar tersebut.

Unggulan pertama ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan juga maju ke babak empat besar setelah mengalahkan unggulan kelima dari Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari 21-11, 21-17.

Sementara pebulutangkis tunggal putri Adriyanti Firdasari yang lolos ke perempatfinal dengan mengalahkan unggulan keempat dari Denmark, Tine Rasmussen, merebut game pertama dari Yao Jie sebelum akhirnya menyerah 21-16, 16-21, 19-21 kepada pemain Belanda itu. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009