London (ANTARA News/Reuters) - Liverpool akan memperkarakan pengkartumerahan dua beknya, Philipp Degen dan Jamie Carragher, pada pertandingan Sabtu malam tadi melawan Fulham yang berkesudahan dengan kekalahan 1-3, demikian manajer Rafa Benitez.

Itu adalah kartu merah kelima Liverpool di musim ini dan membuat mereka harus terpuruk di urutan lima dengan sembilan poin dibawah pemuncak klasemen Chelses, dari 11 pertandingan yang sudah dijalani.

"Kami akan mencoba menggugat pemberian dua kartu merah itu karena bagi saya sangat jelas Carragher menendang bola dan Degan tidak menendang pemain (lawan)," kata Benitez dalam laman klub itu, www.liverpoolfc.tv.

Setelah Liverpool ketinggalan 2-1 menyusul gol hasil serangan Erik Nevland, bek Liverpool asal Swiss, Degen, adalah orang pertama yang dikeluarkan setelah 79 menit berlaga manakala wasit Lee Mason mengacungkan kartu merah karena Degen mengganjal pemain tengah Fulham, Clint Dempsey.

Tiga menit kemudian, tim tamu berkurang lagi pemainnya menjadi sembilan setelah Carragher dianggap mengganjal penyerang Bobby Zamora, sebelum kemudian Dempsey menciptakan gol ketiga Fulham.

"Bagi saya, kartu merah untuk Degen seharusnya kartu kuning saja, sementara yang kedua tidak pantas karena jelas Carra (Jimmy Carragher) menendang bola, bukan Zamora. Saya menyaksikan tayangan ulangnya dan itu semua jelas bukan pelanggaran," kata Rafa.

Fulham unggul terlebih dahulu melalui Zamora sebelum kemudian Fernando Torres menyamakan persis di akhir babak pertama, namun tim tamu berubah buruk setelah pemain asal Spayol itu digantikan di babak kedua.

Torres ikut bermian pada pertandingan akhir pekan lalu melawan Manchester United yang berkesudahan 2-0 untuk Liverpool, satu hasil yang membuat Liverpool berada di lintasan juara kembali. Benitez memang mencadangkan tidak akan memainkan Torres secara penuh pada lagi di Craven Cottage itu.

"Setelah lagi ini dia perlu empat hari (beristirahat) agar siap kembali karena dia belum 100 persen siap tanding, makanya kami memutuskan dia bisa diturunkan di awal saja atau di babak kedua. Kami akhirnya memutuskan dia diturunkan di awal saja, namun saya haru melindungi si pemain.

"Kami memutuskan menariknya keluar setelah hampir sejam bermain karena saya ingin melindunginya dan tidak ingin kehilangan pemain penting seperti Fernando selama lebih dari sebulan. Kami jadi memiliki pilihan manakala dia ditarik keluar," kata Benitez.

Salah satu diantaranya adalah penyerang timnas Inggris berusia 18 tahun Nathan Ecclestone, yang diturunkan menggantikan Yossi Benayoun hanya 12 menit dalam debut pertamnya di Liga Inggris.

"Kami kini menghadapi pertandingan sulit melawan Lyon (di Liga Champions). Kekhawatiran saya kini adalahj terlalu banyak pemain yang cedera dan kami harus menganalisis pemain mana yang layak tampil Rabu nanti," tambah Benitez.

Liverpool harus kehilangan enam pemainnya ketika berlaga hari Sabtu kemarin, termauk sang kapten Steven Gerrard dan para bek Glen Johnson, Martin Skrtel dan Daniel Agger.

Liverpool akan bertandang ke stadion Olympique Lyon di Prancis dengan dibebani dua kekalahan dari tiga pertandingan pertama di Grup E Liga Champions musim ini. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009