Washington (ANTARA News/AFP) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan menemui Menlu Jepang Katsuya Okada di Washington, Jumat, di tengah merebaknya sengketa rencana pemindahan pangkalan militer AS yang kontroversil di Jepang, demikian Departemen Luar Negeri AS, Minggu.

Kepada AFP, seoang pejabat Deplu AS membenarkan akan ada perundingan antara Hillary dan Okada yang diselenggarakan menjelang kunjungan resmi pertama Presiden AS Barack Obama ke Jepang, 12-13 November.

Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama, yang mengambil-alih pemerintahan September lalu, berjanji meninjau kembali perjanjian 2006 mengenai relokasi Pangkalan Udara Korps Marinir AS, Futenma, dari wilayah pemukiman pantai ke pulau selatan Okinawa.

Hatoyama mengisyaratkan bahwa pangkalan yang telah membuat penduduk setempat marah karena bising dan mengundang keributan dengan para petugas AS itu akan dipindahkan ke lepas pulau, satu langlah yang ditentang kuat oleh Washington.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates terus terang mendesak sekutu penting Washington itu, untuk segera memindahkan operasi Futenma sesuai dengan rencana yang disepakatinya di satu daerah pantai di dekat Kamp Schwab AS, di Okinawa tengah.

AS, yang mengalahkan Jepang dalam Perang Dunia II dan kemudian mendudukinya, menempatkan 47.000 tentaranya di negara itu sampai kini, dan lebih separuh dari mereka ditempatkan di Okinawa.

Okinawa adalah salah satu medan pertempuran yang paling berdarah pada era Perang Dunia II. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009