Madrid (ANTARA News/Reuters) - Striker asal Argentina Gonzalo Higuain mencetak dua gol saat Real Madrid yang hanya berkekuatan 10 pemain mengalahkan Getafe 2-0 dalam kompetisi Liga Spanyol, Sabtu waktu setempat (Minggu dinihari WIB).

Kemenangan itu setidaknya mengurangi beban pelatih Real Manuel Pellegrini.

Real kini mengantongi 22 poin dari sembilan kali main, satu poin di bawah pimpinan klasemen Barcelona yang pada saat yang sama ditahan Osasuna 1-1.

Gol bunuh diri Garard Pique di menit terakhir menggagalkan kemenangan Barcelona atas tim tuan rumah itu.

Sevilla di peringkat tiga dengan 19 poin setelah mengalahkan Xerez 2-0.

Alvaro Negredo membuka skor melalui sebuah aksi individu pada babak pertama. Luis Fabiano melengkapi kemenangan Sevilla menjelang babak kedua usai.

Kiprah pelatih Real Pellegrini sempat dipertanyakan setelah timnya kalah secara memalukan 0-4 dari klub divisi tiga Alcorcon di Piala Raja akhir pekan lalu. Kekalahan itu menyebabkan Real Madrid belum pernah menang dalam tiga pertandingan beruntun.

Real yang mencoba mengembalikan performa terbaiknya melawan rival sekota Getafe di Barnabeu, mendapat tekanan ketika pemain belakangnya Raul Albiol terkena kartu merah pada menit ke-28 karena mendorong Roberto Soldado.

Di tengah penonton yang sudah tidak sabar, Marcelo melancarkan umpan silang dari sayap kiri dan Higuain mengontrol bola dengan dadanya sebelum lepaskan tembakan ke sudut atas gawang Getafe di menit ke-53.

Tiga menit kemudian Higuan melalui sebuah serangan balik berhasil memperbesar keunggulan timnya.

Higuain (21), yang akhir-akhir ini jarang dipasang karena masuknya bintang-bintang baru di klub raksasa itu, mendapat tepukan tangan penonton ketika ia keluar lapangan untuk diganti menjelang pertandingan usai.

"Pekan ini pekan sulit, dan kami harus mengembalikan kebanggaan kami," kata direktur umum Real Jorge Valdano.

"Tim kami dapat tampil bagus dalam mengatasi kegugupan dan kesulitan setelah satu pemain kena kartu merah. Di tengah kritik, reaksi kami adalah menjawabnya di lapangan, dan para pemain sangat mengerti," katanya.

Di Reyno de Navarro, setelah tim tuan rumah Osasuna tampak mulai kelelahan, Barcelona dapat membuka skor ketika Lionel Messi memberi umpan Carles Puyol di sayap kiri.

Puyol kemudian mengirim umpan silang datar ke Seydou Keita untuk diselesaikan peman asal Mali tersebut melalui tendangan jarak dekat di menit ke-72.

Keita yang akhir pekan lalu membuat hattrik melawan Real Zaragoza, kini telah membukukan enam gol di Liga Spanyol musim ini.

Barca sudah terlihat bakal menang namun menjadi pertandingan usai Pique yang mencoba mengamankan umpan silang pemain Osasuna Javier Camunas dari sayap kiri justru membuat bola bergulir ke gawang sendiri.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009