Gunungkidul (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), membuka pendaftaran bakal calon bupati yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunungkidul 2010.

"DPC PDIP Gunungkidul mulai membuka pendaftaran, bagi warga yang berminat maju pada Pilkada Gunungkidul 2010 melalui PDI Perjuangan bisa mendaftarkan diri hingga 25 November 2009," kata Ketua DPC PDIP Gunungkidul Ratno Pintoyo di Wonosari, Minggu.

Ia mengatakan pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati dilayani di Sekretariat DPC PDIP Gunungkidul di Wonosari.

"Semua warga boleh mendaftar karena PDI Perjuangan bersifat terbuka dan tidak membeda-bedakan baik orang yang berasal dari kader intern PDI Perjuangan maupun dari luar PDI Perjuangan," katanya.

Ia menjelaskan bagi kader PDIP yang mendaftar harus melampirkan surat izin dari pengurus di wilayah, sedangkan bagi warga di luar kader diwajibkan melampirkan minimal 1.000 suara dukungan masyarakat, yang dibuktikan dengan salinan kartu tanda penduduk (KTP).

Menurut dia, syarat administrasi lain yang harus dipenuhi di antaranya biaya untuk bakal calon bupati Rp20 juta dan bakal calon wakil bupati Rp10 juta.

"Pada beberapa hari pembukaan pendaftaran, sudah ada beberapa tokoh yang mendaftar," katanya.

Ia mengatakan tim intern PDIP akan melakukan pembahasan dan seleksi warga yang mendaftar hingga berhak maju menjadi calon bupati Gunungkidul melalui PDIP.

Sementara itu, DPD PAN Gunungkidul terlebih dulu membuka pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang hendak maju pada Pilkada 2010.

"Banyak pendaftar yang mengambil formulir, namun hingga saat ini belum ada yang mengembalikannya kepada tim seleksi DPD PAN," kata Sekretaris DPD PAN Gunungkidul Arief Setiadi.

Ia menjelaskan setiap warga yang ingin mendaftar melalui PAN harus membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp15 juta untuk bakal calon bupati dan Rp10 juta untuk bakal calon wakil bupati.

"Kami terus menyusun strategi di internal tim dan struktur pengurus, salah satunya untuk mengkaji berbagai kemungkinan kemenangan beberapa tokoh yang maju pada Pilkada Gunungkidul 2010 melalui PAN," kata Arif.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009