Brussels (ANTARA News/AFP) - Indeks kegiatan manufaktur yang dipantau secar luas di 16 negara zona euro menunjukkan sektor tersebut mengalami ekspansi pada Oktober untuk pertama kalinya sejak Mei 2008.

Indeks Pembelia Manajer (PMI) zona euro untuk sektor manufaktur, publikasi oleh kelompok data dan riset Markit, naik menjadi 50,7 poin pada Oktober, meningkat dari 49,3 poin pada Agustus.

Tak berubah pada perkiraan sebelumnya, itu pertama kali data di atas garis simbolis ledakan 50,0 dan menandai tingkat tertinggi sejak April 2008 ketika itu juga berdiri di 50,7.

"Kondisi bisnis di sektor manufaktur zona euro meningkat untuk pertama kalinya sejak Mei tahun lalu, didorong oleh percepatan pertumbuhan produksi (output) dan pesanan baru serta kehilangan pekerjaan yang moderat," kata Chris Williamson dari Markit.

Namun, hasil yang tidak merata di seluruh blok itu menimbulkan kekhawatiran. "Terutama, lonjakan pertumbuhan tertinggi sembilan tahun di Perancis kedudukan tidak nyaman dengan kelemahan berkelanjutan di Italia dan Spanyol," tambah Williamson.

"Kembali ke ekspansi dalam kegiatan manufaktur secara keseluruhan pada Oktober ditunjukkan oleh dukungan perkiraan PMI bahwa ekonomi zona euro meningkat lebih lanjut pada kuartal keempat setelah tampak kembali ke pertumbuhan tertentu dalam

kuartal ketiga," komentar kepala ekonom IHS Global Insight, Howard Archer.

Ekonomi zona euro menyusut pada revisi naik 0,2 persen di kuartal kedua dan 2,5 persen pada kuartal pertama. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009