Tujuh daerah di Kalimantan Barat tanpa kasus COVID-19

Tujuh daerah di Kalimantan Barat tanpa kasus COVID-19

Santri asal Kalimantan Barat menjalani pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 di aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/6/2020).(ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG)

Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson pada Sabtu mengatakan bahwa tujuh daerah di Kalimantan Barat tanpa kasus COVID-19, yakni Kapuas Hulu, Kayong Utara, Sekadau, Melawi, Sambas, Bengkayang, dan Kota Pontianak.

"Kita berharap daerah lainnya juga bisa nol kasus sehingga kita bisa mendapatkan nol kasus untuk Kalbar," kata Harisson di Pontianak.

Dia meminta pemerintah di tujuh daerah yang sudah tanpa kasus COVID-19 tetap melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat pada minimal lima persen penduduk dan melakukan tindak lanjut jika ada yang terindikasi tertular virus corona berdasarkan pemeriksaan tersebut.

"Yang reaktif ini juga harus segera di isolasi, dan jika kita terus melakukan hal seperti ini mudah-mudahan kabupaten/kota ini bisa tetap hijau atau kasus konfirmasinya tidak ada," katanya.

Dia juga mengingatkan warga supaya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus corona penyebab COVID-19, seperti mengenakan masker saat di luar rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, serta sering mencuci tangan.

"Bersama kita pasti bisa menjaga diri dan keluarga kita dari COVID-19," kata Harisson.

Ia menjelaskan pula bahwa hingga Sabtu jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Kalimantan Barat sebanyak 347 orang dan 315 orang atau 90,77 persen di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga:
Dua kabupaten di Kalimantan Barat masuk zona hijau COVID-19

Pengawasan pintu masuk Kalimantan Barat diperketat untuk cegah penyebaran COVID-19

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dinkes Kalbar minta masyarakat jangan remehkan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar