Jakarta (ANTARA) - Tidak ada anjuran khusus dari sisi nutrisi untuk memasangkan manggis dengan durian, juga tak ada salahnya memakan buah manggis, baik dengan atau tanpa durian, menurut ahli diet dari Singapura, Jaclyn Reutens.

“Dari sudut pandang medis, kandungan Vitamin C manggis adalah keuntungan, menyediakan bagi tubuh antioksidan yang larut dalam air (mudah diserap), sekaligus menangkal infeksi dan membersihkan radikal bebas yang berbahaya dan proinflamasi yang berbahaya,” kata dokter di DTAP Clinic Bencoolen, Singapura, Benjamin Loh seperti dikutip dari Channel News Asia.

Manggis juga memiliki vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin, dan folat untuk memudahkan tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Baca juga: Inspirasi menu Ramadhan, durian tart ala Ella Koerniati

Baca juga: Benarkah durian mengandung kolesterol?


Bagaimana dengan kandungan gizi durian?

Rata-rata, setiap satu biji mengandung daging memuat: 45 kalori, 8,4 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 1 gram lemak, 0,8 gram serat, 112 miligram kalium, 8 miligram magnesium, 7 miligram vitamin C.

"Varietas durian pahit sedikit lebih rendah kalori karena kandungan karbohidratnya lebih rendah daripada varietas yang lebih manis," tutur Reutens.

Meskipun begitu, ini bukan alasan mengonsumsi berlebihan durian varietas pahit karena masih merupakan buah yang padat energi. Bagi mereka yang menyandang diabetes, karbohidrat dalam durian akan menyebabkan kenaikan tajam kadar gula darah mereka.

Di sisi lain, durian yang tinggi lemak, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada buah lainnya.

"Jika kita memakannya terlalu cepat, yang saya yakin sebagian besar dari kita lakukan ketika sedang musim, ada kemungkinan makan berlebihan. Karena itu, beberapa gangguan pencernaan mungkin terjadi," demikian kata Reutens.

Baca juga: Bisakah kena alergi karena makan durian?

Baca juga: Terapi Durian

Baca juga: Durian dan nangka komponen baterai mobil listrik masa depan?

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020