Bengkulu, 8/11 (ANTARA) - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengingatkan para nelayan agar mewaspadi kemungkinan gelombang besar dengan ketinggian tiga sampai empat meter di Samudra Hindia barat daya Bengkulu.

Analis cuaca BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Pulau Baai Bengkulu Rudi Wahyu ketika dikonfirmasi, Minggu, menjelaskan, gelombang besar itu terjadi dalam kurun 24 jam mulai Minggu pukul 07:00 WIB hingga Senin (9/11) pukul 07:00 WIB.

Gelombang besar dengan ketinggian yang sama juga diperkirakan akan terjadi di perairan Barat Enggano dan membahayakan semua jenis kapal nelayan dan tongkang.

Di kawasan barat daya Bengkulu dalam kurun waktu 24 jam mendatang juga tidak hanya gelombang tinggi mencapai empat meter tetapi tiupan angin juga terjadi dari arah tenggara dengan kecepatan 15-23 knot.

Sementara angin dan tinggi gelombang di perairan Bengkulu, bertiup dari Tenggara menuju Selatan dengan kecepatan antara 05-20 knot per jam sehingga akan terjadi gelombang antara satu hingga dua meter.

Sedangkan kondisi cuaca di Samudra Hindia barat daya Bengkulu diperkirakan berawan hingga hujan ringan. Suhu udara akan terjadi antara 24-33 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 60-95 persen.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009