Serangan udara di Yaman tewaskan sejumlah warga sipil

Serangan udara di Yaman tewaskan sejumlah warga sipil

Arsip Foto: Warga berkumpul di lokasi serangan udara yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi di Sanaa, Yaman, Kamis (16/5/2019) (ANTARA FOTO/REUTERS/ Mohamed al-Sayaghi)

Dubai (ANTARA) - Serangan udara di Provinsi al-Jawf Yaman menewaskan sedikitnya tujuh warga sipil pada Rabu, menurut keterangan warga dan pejabat dari kelompok al-Houthi.

Juru bicara Kementerian Kesehatan al-Houthi menuliskan di Twitter bahwa serangan udara yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Saudi menghantam rumah penduduk dan menelan sembilan korban jiwa termasuk dua anak. Dua warga mengatakan kepada Reuters bahwa tujuh orang tewas akibat serangan tersebut.

Tidak ada komentar langsung dari pihak koalisi, yang memerangi kelompok al-Houthi dukungan Iran di Yaman selama lebih dari lima tahun.

Baca juga: Para pengungsi, migran Afrika terperangkap dalam perang Yaman

Krisis Yaman telah dicoba diakhiri dengan berbagai proposal. Salah satunya diajukan oleh Arab Saudi dengan kerangka kerja untuk mengatasi kebuntuan di Yaman selatan. Usulan itu antara lain berisi pembagian kekuasaan dengan mediasi dari pihak Arab Saudi namun usulan itu akhirnya kandas karena tak memperoleh dukungan dari pihak-pihak yang bersengketa.

Dengan munculnya pandemi corona, penderitaan yang dialami warga sipil, terutama anak-anak, semakin memprihatinkan. Apalagi sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menemukan ribuan warga di kawasan konflik itu mengidap wabah kolera yang menelan banyak korban jiwa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Al-Houthi Yaman setuju beri PBB akses ke tanker Safer
Baca juga: UNICEF: Anak kurang gizi di Yaman kemungkinan naik jadi 2,4 juta

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar