London (ANTARA News) - Steven Gerrard menyelamatkan Liverpool dari kekalahan lain yang menyakitkan pada pertandingan kompetisi Liga Inggris, Senin, dengan melesatkan tendangan penalti kontroversial yang menyebabkan pertandingan berakhir imbang 2-2 melawan Birmingham City.

Pemain pengganti Gerrard, yang selama ini sedang dirawat karena mengalami memar kaki, masuk mendekati akhir permainan babak pertama dan menyamakan kedudukan 19 menit menjelang akhir pertandingan, setelah Lee Carsley dihukum karena menjatuhkan David Ngog, pencetak gol awal tim itu.

"Ini hanya seperti lucu-lucuan. Tidak ada menyentuh dia," kata Carsley kepada ESPN. "Saya kira ketika wasit (Peter Walton) melihat gambar ulang, ia akan kecewa sekali."

Tayangan ulang televisi menunjukkan Carsley, yang dihukum karena melancarkan protes, tidak bersentuhan dengan Ngog.

Liverpool kelihatan bermain aman setelah Ngog melakukan gebrakan awal namun situasi menjadi seperti serba salah setelah 26 menit kemudian Christian Benitez menyamakan kedudukan untuk Birmingham.

Situasi menjadi tambah buruk bagi tim tuan rumah beberapa detik menjelang akhir babak pertama, ketika Cameron Jerome melancarkan tendangan yang melayang tidak tersentuh Pepe Reina dari jarak sekitar 30 meter.

Liverpool, yang berada di urutan ketujuh klasemen, tidak diperkuat Fernando Torres, yang lagi cedera, tetap melakukan tekanan ke daerah berbahaya lawan setelah turun minum, namun mereka hanya mendapatkan hasil seri pertama mereka musim ini, sehingga angka mereka terpaut 11 poin di bawah pimpinan klasemen Chelsea.

Pelatih yang sedang dalam tekanan Rafa Benitez mengakui penalti itu, yang menghindarkan timnya dari kekelahan keenam musim ini, kelihatannya agak kasar.

"Saya belum melihat tayangan ulang gol itu, tetapi kelihatannya itu seharusnya tidak menjadi tendangan penalti," katanya.

"Kami memiliki banyak peluang dan kesempatan hebat beberapa kali di mulut gawang, tapi tidak dapat dipercaya kami bisa kalah 1-2 setengah main. Tapi tim kami menunjukkan karakternya," katanya.

"Gerrard bermain hebat kendati belum 100 persen prima. Tapi ia memiliki mutu dan permainan dan semangat yang kami butuhkan," kata Benitez, yang memasukkan pemain tengah Alberto Aquilani pada akhir permainan, yang merupakan penampilannya pertama dalam kompetisi liga setelah bergabung dari AS Roma Agustus lalu.

Cedera yang dialami Albert Riera dan Yossi Benayoun menambah masalah dalam tim Liverpool, karena keduanya sedang didera cedera urat kaki.

Birmingham tetap berada di urutan ke-15 dari 20 tim yang mengikuti kompetisi liga, hanya mengantungi 12 poin dari semua pertandingan yang sudah mereka jalani. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009