Surabaya (ANTARA News) - Roadshow pameran foto yang digelar Kantor Berita Nasional ANTARA memperingati hari ulang tahunnya yang ke-72 di gedung Royal Plaza, Surabaya, mulai tanggal 6-15 November, banyak menarik perhatian masyarakat.

Para pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Pahlawan ini hampir selalu memperhatikan 32 pajangan foto jurnalistik karya pewarta foto ANTARA bertema "vox Pupuli, Vox Dey" itu.

Maklum, lokasi pameran foto cukup strategis, yakni berada di lantai dasar Royal Plaza.

Pengunjung yang baru masuk dari pintu utama (depan) ataupun baru naik dari areal parkir kendaraan yang ada di lantai "underground" akan dengan mudah menemui deretan karya foto jurnalistik yang sengaja secara khusus mengambil tema tentang rekam jejak proses demokrasi dalam Pilpres 2009 lalu.

"Banyak pengunjung yang datang kesini dan menyampaikan minatnya untuk belajar fotografi di kantor berita ANTARA," kata Herningtyas, salah satu penjaga stan atau "sales promotion girl" (SPG) yang terlihat telaten memandu setiap pengunjung yang datang dan melihat karya-karya pewarta foto ANTARA.

Peminat atau pengunjung pameran foto jurnalistik yang di gelar Kantor Berita ANTARA tampaknya cukup beragam.

Bukan saja masyarakat awam atau pengunjung Royal Plaza yang kebetulan numpang lewat, tapi banyak pula yang berasal dari kelompok usia sekolah mulai jenjang SMP, SMA, hingga kelompok mahasiswa serta komunitas/pecinta fotografi.

"Mereka, terutama pengunjung yang memiliki latar belakang penggemar fotografi ini banyak yang menanyakan tentang tata cara mengikuti program kursus fotografi di ANTARA," kata Nikita, penjaga stan pameran foto ANTARA lainnya, menimpali.

Karya-karya foto pewarta foto ANTARA yang dipajang di lantai dasar Royal Plaza memang cukup menarik dan memiliki nilai seni tinggi. Tak hanya mengandalkan kemampuan mengambil foto dokumentasi, pewarta foto ANTARA sepertinya memang sangat piawai dalam membidik "angel" atau sudut pengambilan gambar sehingga menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Kemampuan dalam mengatur pencahayaan saat memotret, mengatur ukuran fokus kamera yang sesuai dengan kebutuhan obyek dan suasana tentu menjadi nilai lebih yang ditunjukkan dalam pameran foto tersebut.

Sebagaimana diberitakan, pameran foto bertema Demokrasi Langsung "Vox Pupuli, Vox Dei" (suara rakyat suara Tuhan) yang diselenggarakan Kantor Berita ANTARA pertama kali di-"lounching" di Atrium Plaza Semanggi, Jakarta mulai tanggal 28 Oktober - 4 November 2009 lalu.

Setelah di Jakarta, pameran foto dilanjutkan secara roadshow di lima kota yakni Surabaya (6-15 November), Medan (13-22 November), Makassar (20-29 November), Bali (27 November-6 Desember), Yogyakarta (4-13 Desember).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009